Pemkab Abdya salurkan bibit kopi robusta kepada petani

Ilustrasi.

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali membagikan bibit kopi unggul jenis Robusta kepada 14 kelompok tani dengan luas lahan 150 hektare untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Kepala Bidang Produksi Pengembangan dan Perlindungan Tanaman pada Dinas Pekebunan Abdya, Sukiman di Blangpidie, Kamis (1/12) mengatakan, jumlah petani penerima sekitar 293 kepala keluarga dan setiap keluarga diberi bantuan bibit lengkap biaya penanaman sesuai dengan luas lahan yang dimiliki petani, paling sedikit seperempat hektare.

Selain bibit, kata dia, pihak Dinas Perkebunan juga menyalurkan biaya pembersihan lahan, biaya penanaman, obat-obatan serta penyaluran pupuk gratis bersama alat semprot handsplayer guna memudahkan petani melakukan budidaya kopi.

“Semua bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) 2016. Program yang dicanangkan oleh Bupati Jupri Hassannuddin tersebut merupakan lanjutan tahun 2015,” tambah dia.

Tahun lalu, seluas 300 hektare bibit kopi Robusta yang diberikan kepada puluhan kelompok tani di berbagai kecamatan itu saat ini sudah mulai mengeluarkan bunga dan diprediksi sekitar 10 bulan kedepan mulai berproduksi.

“Jadi, tahun ini kita tambahkan seluas 150 hektare lagi. Alhamdulillah, sebanyak 181.500 batang bibit kopi Robusta untuk ditanam petani di lahannya masing-masing sudah selesai kita salurkan dan kini sudah memasuki tahap penanaman,” katanya.

Seluas 150 hektare lahan yang sedang proses tanam tersebut terdapat di Kecamatan Lembah Sabil 16 hektare, Kecamatan Manggeng 10 hektare, Tangan-Tangan 20 hektare, Setia 32 hektare, Blangpidie 62 hektare dan di Kecamatan Jeumpa 10 hektare.

“Semua bibit yang telah kita salurkan itu merupakan bibit kopi unggul lokal yang telah disertifikasi oleh pihak Balai Benih Tanaman Perkebunan Banda Aceh,” demikian Sukiman. [Antara]

Related posts