Sebagian pengungsi di Pidie Jaya kembali ke rumah

Anak-anak di posko pengungsian halaman masjid At-Taqaruun, Trienggadeng, Pidie Jaya, Kamis (8/12). (Kanal Aceh/Aidil)

Meureudu (KANALACEH.COM) – Sebagian pengungsi yang berada di Desa Masjid Tuha, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, akibat gempa Aceh, Rabu (7/12), kini telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Sekretaris Desa Masjid Tuha Fauzi M Daud di desa itu, Sabtu, mengatakan, warganya yang mengungsi akibat gempa berkekuatan 6,4 SR beberapa waktu lalu, kini telah kembali ke rumah sejak Jumat (16/12).

“Dengan kembalinya warga ke rumah masing-masing, maka kegiatan dapur umum dan kegiatan pengungsian lainnya tidak ada lagi. Akan tetapi, apabila ada bantuan dari donatur untuk membantu warga akibat terdampak gempa, tetap kami terima,” ungkap Fauzi.

Lanjut dia, meski masih ada warga yang merasa trauma dengan musibah gempa yang merenggut korban jiwa dan banyak bangunan yang roboh tersebut, serta banyak juga rumah warga yang rusak, akan tetapi, warga memilih untuk kembali ke rumahnya, setelah sepekan lebih mengungsi.

“Alhamdulillah sebagian masyarakat sudah berani pulang, walaupun ada sebagian yang lainnya masih trauma dengan musibah gempa tersebut,” ungkap Fauzi.

Saat disinggung terkait kewaspadaan warga dengan gempa susulan yang kapan saja bisa terjadi, saat telah kembali ke rumah.

Sekdes Masjid Tuha itu mengatakan, warga akan terus berusaha untuk waspada apabila sewaktu-waktu terjadinya bencana.

“Alhamdulillah masyarakat sudah semakin waspada bila sewaktu-waktu terjadinya bencana, saat mereka telah kembali ke rumahnya masing-masing nanti,” ucap Fauzi lagi. [Antara]

Related posts