Petani korban gempa Pijay harapkan pembangunan kembali irigasi

Ilustrasi - Petani sedang menanam padi. (Kanal Aceh/Rajali)

Meureudu(KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya diharapkan dapat membangun kembali aliran irigasi yang rusak akibat gempa bumi beberapa hari lalu.

Masyarakat di Kemukiman Peuduk Baroh, Desa Mee Peuduk, Kecamatan Trienggadeng menganggap pembangunan irigasi tersebut sangat penting, apalagi bagi mereka yang profesinya sebagai petani. Sumber pendapatan masyarakat di kemukiman tersebut adalah sektor pertanian dan perkebunan.

“Waktu bekerja di sawah sudah mulai, tapi irigasi rusak parah. Kalau dari sini sekitar 7 km dari tempat penampungan air,” ujar Tgk Ibnu, warga Mee Peuduk kepada Yayasan Geutanyoe melakukan assesment ke tenda pengungsian di desa tersebut, Minggu (18/12).

Akibat terjadinya bencana alam mengakibatkan saluran irigasi rusak parah, dan waktu turun kesawah sudah dimulai. Hal itu disampaikan oleh Tgk Ibnu warga Mee Peuduk beberapa hari yang lalu.

Ia bersama masyarakat lainnya sangat mengharapakan perhatian khusus dari pemerintah setempat, untuk memperbaiki dan membangun kembali saluran irigasi, agar masyarakat bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Kami sangat mengharapkan perbaikan dalam waktu dekat ini, irigasi tersebut sudah sangat lama dan cukup tua sekali, serta bisa mengaliri air ke seluruh persawahan masyarakat di Trienggadeng,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts