Sumur di Pidie Jaya semburkan lumpur hitam usai gempa

BNPB minta pendataan rehab rekon pasca gempa Pidie Jaya selesai bulan ini
Bangunan Mesjid Quba Pangwa, Desa Kuta, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya yang roboh karena gempa mulai dihancurkan untuk pembangunan kembali, Senin (12/12). (Kanal Aceh/Fahzian)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Guncangan gempa tektonik 6,4 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh menyebabkan sejumlah cincin sumur di wilayah tersebut mengeluarkan semburan lumpur hitam sehingga belum berfungsi sampai sekarang.

Keuchik Gampong (desa) Mesjid Tuha, Meureudu, Pidie Jaya Junaidi di Banda Aceh mengakui dampak dari guncangan gempa itu sejumlah cincin sumur milik warga mengeluarkan lumpur hitam dan mata air tertutup. “Sumur di rumah warga mengeluarkan lumpur hitam dan mata airnya tertutup dengan lumpur,” kata Junaidi yang juga merangkap sebagai koordinator posko pengungsian korban gempa masyarakat setempat di Dayah (Pasantren) Al-Muhajirin, Rabu (21/12).

Ia mengakui, ketika guncangan gempa itu dengan sendiri cincin sumur di tempat umum seperti Mesjid dan Meunasah (Surau) serta milik warga mengeluarkan lumpur hitam pekat. “Cincin sumur yang mengeluarkan lumpur hitam pekat itu mata airnya tertutup dan sumurnya kering,” kata Junaidi.

Kemudian ia juga mengatakan, sebagian korban gempa yang sebelumnya menempati posko pengungsian sudah kembali ke rumahnya dan mulai membersihkan cincin sumur tersebut, namun ada juga yang belum dibersihkannya. “Warga ada yang sudah kembali ke rumah mulai membersihkan rumahnya dari reruntuhan bangunan,” katanya.

Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi mengakui, guncangan gempa tektonik itu tidak hanya meluluhlantakkan infrastruktur, sejumlah cincin sumur warga pun mengeluarkan lumpur hitam. “Sebagian pengungsi sudah pulang membersihkan rumahnya dan cincin sumur yang mengeluarkan lumpur hitam. Kami masih membutuhkan bantuan pembersihan sumur tersebut agar bisa kembali dipergunakan,” kata Said yang juga Komandan Satgas Tanggap Darurat. [Republika]

Related posts