Soal pilot mabuk, Menhub: Harus ditindak tegas

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Beritasatu)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyayangkan adanya insiden pilot maskapai Citilink yang datang terlambat dan ngelantur saat melakukan pengumuman di dalam maskapai.

Budi meminta pilot tersebut mendapat penindakan tegas dari pihak maskapai.

Budi Karya mewakili Kemenhub meminta maaf atas insiden tersebut. Menurutnya itu merupakan sebuah kesalahan fatal.

“Kita minta maaf bahwa terjadi suatu kesalahan fatal. Seseorang yang fungsinya menunaikan suatu kedisiplinan, melakukan tindakan tidak benar,” kata Budi Karya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/12).

Atas insiden ini, Budi Karya mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa langkah. Pihaknya telah meminta agar pilot tersebut tidak dibolehkan terbang.

“Satu kita minta itu langsung di grounded, jadi tidak boleh (terbang),” katanya.

Selain itu, Kemenhub juga akan melakukan penelitian atas insiden tersebut. Namun, Budi Karya menegaskan, dari video yang tersebar, pilot tersebut jelas sekali dalam keadaan mabuk.

“Ada dua kondisi, dari penelitian awal tidak ada inisiasi yang bersangkutan menggunakan minuman atau sesuatu yang terlarang. Tapi jelas dalam video yang beredar itu dia mabuk. Maka kita akan lakukan kajian lebih lanjut, karena bagaimanapun juga kita ada asas praduga tidak bersalah,” jelasnya.

“Bila terbukti, maka kami minta Citilink untuk mencabut license yang dimilikinya. Kami juga menegur Citilink agar melakukan suatu atau memberikan syarat-syarat bagi semua awak itu lebih governance sesuai dengan aturan. Karena pesawat udara itu menjadi alat transportasi yang sangat riskan,” tambahnya.

Budi juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah menyampaikan informasi mengenai kelakuan pilot tersebut.

“Saya terimakasih kepada warga yang menginformasikan. Kami selalu membuka diri bila ada awak, operator bandara yang kurang melakukan layanan dengan baik,” katanya. [Detik]

Related posts