Ini jenis gempa bumi yang terjadi di Barat laut Sabang

beritabintang.com

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gempa yang berpusat di Barat laut kota Sabang yang terjadi pukul 18:48 WIB merupakan jenis gempabumi dangkal.

Menurut badan metereologi klimatologi dan geofisika, gempa tektonik tersebut akibat aktivitas subduksi pada bidang kontak antara lempeng India yang menyusup terhadap lempeng mikro Burma.

“Gempabumi yang terjadi di barat laut Kota Sabang Aceh ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempabumi dangkal,” kata Kepala bidang informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami BMKG, Daryono dalam rilis yang diterima di Banda Aceh, Selasa (17/1).

Ia menjelaskan, lempeng India adalah bagian dari lempeng besar India-Australia yang bergerak ke utara dan timur laut dengan kecepatan 6 cm/tahun.

Sedangkan lempeng mikro Burma adalah bagian dari lempeng besar Eurasia. Sejarah mencatat, kata dia, bahwa di lokasi ini juga terjadi gempa dahsyat yaitu gempa Aceh tahun 2004 dengan Mw=9.0 yang menimbulkan tsunami. Sedangkan gempa pada 13 Januari 2017 lalu dengan M=5,4 di lokasi yang berdekatan.

Namun, dengan kedalaman hiposenter di kedalaman dangkal ini, dan kekuatan gempa yang relatif kecil, hasil modelling tsunami menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya. [Randi]

Related posts