Di lapas lambaro Pakcek unggul, untuk Gubernur Irwandi

Di lapas lambaro Pakcek unggul dan untuk Gubernur Irwandi
Situasi pencoblosan di lapas lambaro kelas II A, Rabu (15/2). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pasangan calon Bupati/wakil Bupati Aceh Besar Saifuddin Yahya (Pakcek) & Juanda Djamal meraih 49 suara dari jumlah pemilih yang hadir di tempat pemungutan suara  di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) kelas II A Lambaro, pada Pilkada 2017, Rabu (15/2).

Sementara rivalnya, yaitu Mawardi Ali-Tgk Husaini meraih 39 suara dan suara rusak berjumlah 3 lembar untuk pemilihan bupati/wakil bupati Aceh Besar.

Untuk Cagub/Cawagub, Irwandi Yusuf mendominasi suara di lapas. Dari perhitungan suara yang di terima kanalaceh.com melalui Kepala lapas kelas II A Lambaro, Irwandi memperoleh 118 suara.

Sedangkan di posisi kedua, Muzakir manaf 60 suara, untuk pasangan Tarmizi-Machsalmina Ali 32 suara. Kemudian Zakaria saman 13 suara, Zaini Abdullah 3 suara dan Abdullah Puteh 1 suara.

Kepala Lembaga Permasyarakatan kelas II A Lambaro Banda Aceh Drais Sidik mengatakan di lapas kelas II A Lambaro ada 107 warga binaan yang masuk ke dalam daftar DPT.

Mereka yang masuk ke dalam DPT ini berhak menggunakan hak suaranya untuk pemilihan Bupati dan Gubernur.

Sementara warga yang menggunakan form A5 sebanyak 258 warga binaan, mereka yang menggunakan form tersebut karena tidak masuk dalam DPT atas berbagai alasan, ada yang merupakan warga binaan yang tidak sesuai dengan domisili atau yang tidak memiliki e-KTP, sehingga mereka hanya menggunakan hak suaranya untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Lebih lanjut dikatakan Drais, ada juga warga binaan di Lapas Kelas II A Lambaro ini yang merupakan warga dari luar Provinsi Aceh sehingga mereka tidak berhak menggunakan hak pilihnya.

Sebelumnya, suasana di Lapas Lambaro kelas II A ini juga tidak seperti biasanya, Kalapas kelas II A Lambaro ini berinisiatif untuk membuat suasana pelaksanaan pencoblosan di dalam lapas berlangsung meriah. Warga binaan sangat terhibur dengan dihadirkannya orgen tunggal sehingga upaya ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di dalam lapas untuk menggunakan hak suaranya, sehingga tidak golput. [Randi]

Related posts