Ini bahayanya tidur di ruangan yang menggunakan AC

Hadis dan sains jelaskan manfaat tidur miring ke kanan
ilustrasi

(KANALACEH.COM) – Ketika suhu ruangan membuat Anda kegerahan, AC mungkin bisa menjadi penyelamat. Namun, menggunakan AC bisa sangat tidak sehat, terutama ketika Anda tidur.

Studi baru menunjukkan, aliran udara dari AC merangsang tubuh manusia saat tidur, meningkatkan denyut jantung. Bahkan, jika kecepatan rata-rata aliran udara lebih rendah bisa membuat Anda pingsan.

Hasil penelitian menunjukkan, peserta memiliki gerakan tubuh secara signifikan lebih besar. Peningkatkan denyut jantung dan frekuensi yang lebih tinggi dari bangun di ruang AC dengan kecepatan rata-rata 0,14 m/s. Hal ini menyiratkan bahwa aliran udara dingin memiliki dampak yang lebih besar saat peserta tidur dengan kekuatan fisik lebih rendah.

Sementara itu, menurut peneliti dari Toyohashi University of Technology di Jepang, beberapa pengaturan AC memiliki dampak negatif terhadap kualitas tidur, meskipun seseorang merasa nyaman.

Tim penelitian yang dipimpin oleh Profesor Kazuyo Tsuzuki ini, memiliki peserta di dua kamar tidur menggunakan AC. AC ruangan diatur pada kecepatan aliran udara yang berbeda.

Kemudian, mereka membuat perbandingan kedalaman kontrol tidur dan suhu tubuh menggunakan electroencephalogram (EEG). Dalam penelitian ini, perbandingan dilakukan pada pengaruh dua jenis aliran udara, berarti kecepatan 0,14 m/s (umum AC) dan 0,04 m/s (disesuaikan), pada suhu kamar 26 derajat celsius.

Para peserta merasa lebih dingin dengan kecepatan aliran udara yang lebih tinggi selama tidur. Namun, tidak ada perbedaan signifikan yang diamati dalam perasaan nyaman, panjang kedalaman tidur, suhu kulit, suhu rektal, atau rasa kehangatan sebelum tidur.

Hasilnya adalah petunjuk yang berguna mengenai bagaimana mengkonfigurasi kecepatan aliran udara dari AC untuk menciptakan kenyamanan lingkungan tidur. Namun, tetapi perlu diingat bahwa AC dapat memiliki sejumlah dampak negatif pada kesehatan, meskipun mencegah kita dari rasa panas atau pengap. Sistem pendingin udara juga diketahui meningkatkan efek penyakit yang mungkin sudah Anda derita. [Okezone]

Related posts