Hasil rapat pleno KIP Banda Aceh: Aminullah-Zainal menang
Pasangan Cawalkot dan Cawawalkot Banda Aceh, Aminullah Usman-Zainal Arifin. (Kanal Aceh/Fahzian)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang digelar KIP Banda Aceh, menempatkan pasangan nomor urut dua, Aminullah Usman – Zainal Arifin menang telak atas rivalnya Illiza Saaduddin Djamal di pilkada Banda Aceh.

Rapat pleno itu digelar di Hotel Permata Hati Banda Aceh, Rabu (22/2). Pasangan Aminullah-Zainal meraup suara sebanyak 63.087. Sedangkan Illiza-Farid hanya berjumlah 31.366 suara.

Ketua KIP Banda Aceh, Munawar Syah kepada wartawan mengatakan, perolehan suara ini sudah disepakati oleh masing-masing tim sukses. Meskipun kata dia, ada perbedaan selisih suara di Desa Suka Ramai dan Baiturahman yang selisih satu suara.

Ads

“Itu sudah dilakukan perbaikan oleh PPK,” katanya.

Untuk partisipasi pemilih di Banda Aceh sekitar 64 persen. Angka itu naik satu persen bila dibandfingkan dengan Pilpres tahun 2014 lalu berkisar 63 persen.

Selanjutnya, untuk pleno penetapan calon terpilih akan dilakukan pada tanggal 5 – 8 Maret mendatang. Setelah itu hasil rapat penetapan tersebut dibawa ke Mahkamah Konstitusi untuk menyatakan pilkada Banda Aceh tidak ada sengketa.

Dalam rapat pleno KIP Banda Aceh tersebut juga turut dihadiri oleh Komisioner Panwaslih, Disdukcapil Banda Aceh, PPK seluruh kecamatan di Banda Aceh serta disaksikan oleh para saksi kedua pasangan calon wali kota Banda Aceh. [Randi]

Ads