10 Ribu personel Polri kawal Raja Salman selama di Indonesia

1.588 personel polisi amankan pelantikan Gubernur Aceh
Ilustrasi. Kapolda Sumut saat melepas personel yang akan berangkat ke lokasi bencana di Aceh, Kamis (8/12). (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Sedikitnya 10 ribu anggota polisi diterjunkan untuk mengawal kedatangan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia. Ribuan personel itu melakukan pengamanan di berbagai titik yang menjadi rute dan tujuan kunjungan Raja Arab Saudi itu di Indonesia.

“Ada 10 ribu personel disiapkan. Jakarta, Jawa Barat, dan Bali,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (28/2).

Sebanyak 10 ribu personel itu, disebar untuk melakukan pengaturan rute perjalanan baik di Jakarta, Bogor, dan Bali.

“Itu rencana masing-masing. Ada rute dan sasaran yang ditempuh masing-masing delegasi. Karena kan bermacam-macam, ada yang pejabat, keluarga, tentu ada pengaturan,” ungkapnya.

Boy juga menambahkan, pihaknya juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian Arab Saudi.

“Sudah ada. Sudah ada. Kepala Polisi Arab sudah ada di sini. Sudah koordinasi dengan Pak Kapolri juga,” bebernya.

Mengenai rute perjalanan yang akan ditempuh Raja Salman Abdul Aziz Al Saud beserta rombongan, Boy mengaku hingga saat ini belum bisa membeberkan.

“Rute belum bisa saya sebutkan. Yang rute belum bisa saya sebutkan. Yang jelas kegiatan sudah tahu dari bandara, ada arah ke Bogor, ada arah hotel di Jakarta, Istana, itu sudah kita persiapkan termasuk rencana ke DPR RI. Semua kita siapkan, tapi kepastian rute belum bisa saya umumkan. Ini hak protokol. Kepolisian hanya menyesuaikan jadwal dari protokoler,” ungkapnya.

Dalam pengaturan lalu lintas, Boy menerangkan bahwa akan dilakukan penutupan jalan sementara saat Raja Salman beserta rombongan melintas di rute tersebut. Oleh sebab itu, polisi meminta masyarakat agar memaklumi dan memberikan pelayanan terhadap tamu negara.

“Sangat dimungkinkan. Penutupan lebih kepada memberikan kepada prioritas. Bukan diblok sama sekali. Jadi mohom maklum. Kita memberikan pelayanan yang baik kepada tamu negara,” tutupnya. [Okezone]

Related posts