Tingkatkan hasil panen petani, Kodim Gayo Lues dan Bulog buka posko

Tingkatkan hasil panen petani, Kodim Gayo Lues dan Bulog buka posko
(ist)

Blangkejeren (KANALACEH.COM) – Untuk mengoptimalkan peningkatan penyerapan gabah petani, Kodim 0113/Gayo Lues bersama Perum Bulog Subdivre Kutacane membuka posko Serap Gabah Petani (Sergap) di desa Tungel Kecamatan Rikit Gaib, Selasa (7/3).

Menurut Dandim 0113/Gayo Lues Muhammad Faizal Nasution, posko ini bertujuan untuk memantau dan membantu Bulog dalam rangka meningkatkan daya serap terhadap hasil panen petani di Kabupaten Gayo Lues, serta menjaga kesetabilan harga Gabah Kering Panen (GKP) dan Gabah Kering Giling (GKG).

“Posko ini, juga guna menyerap Gabah diluar kualitas atau gabah yang memiliki kadar air diatas 30 persen untuk dibeli oleh Bulog dengan HPP Rp. 3.700/kg,” ujarnya saat meninjau posko tersebuts.

Sementara itu, Kepala Subdivre Kutacane Basir mengatakan, bahwa Bulog tidak hanya membeli gabah akan tetapi beras sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

Saat ini secara umum harga gabah masih cukup tinggi yaitu antara Rp5.000/kg hingga Rp5.5000/kg.

Selain itu, Kodim 0105/Abar, juga membuka  Posko Sergab Petani Tahun 2017 di Desa Pasi Tengoh Kecamatan, Kaway XVI.

Komandan Kodim 0105/Abar, Letkol Inf Herry Riana Sukma mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan swasembada pangan nasional dan peningkatan penyerapan Bulog terhadap hasil panen petani.

“Tujuan Posko Sergab Kodim 0105/Abar didirikan ini sebagai upaya mengetahui penyerapan hasil panen dari para petani terutama gabah yang telah dilakukan Bulog,” katanya. [Randi/rel]

Related posts