Umuslim lantik 85 bidan jadi anggota IBI

  • Whatsapp
Umuslim lantik 85 bidan jadi anggota IBI
Pelantikan lulus D III Kebidanan Umuslim menjadi anggota IBI, Sabtu (18/3). (Ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Sebanyak 85 lulusan Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan dilantik menjadi  anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Bireuen.

Prosesi pelantikan profesi bidan tersebut berlangsung di Auditorium Academic Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan kampus Umuslim, Sabtu  (18/3).

Direktur Diploma III Kebidanan Umuslim, Nurhidayati, menyampaikan bahwa lulusan yang dilantik hari ini merupakan lulusan angkatan VII yang sudah lulus Uji kompetensi dan sudah mempunyai  Surat Registrasi (STR).

“Semuanya berjumlah 85 orang, sedangkan sekitar 31 orang lagi belum lulus jadi belum bisa dilantik. Sekarang mereka (yang belum lulus) sedang dalam pembinaan untuk ikut ujian kompetensi angkatan yang akan datang,” katanya.

Menurut Nurhidayati, proses pelantikan lulusan kebidanan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Aturan sekarang lulusan kebidanan yang boleh dilantik menjadi anggota IBI adalah, lulusan yang sudah lulus uji kompetensi, sedangkan yang belum lulus tidak boleh ikut pelantikan.

Prosesi pelantikan 85 lulusan Kebidanan Umuslim dimulai dengan pengambilan sumpah, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan menjadi IBI cabang Bireuen. Pelantikan dilakukan oleh wakil ketua IBI Provinsi Aceh Hj Ratna Ramlah.

Dia mengharapkan kepada lulusan kebidanan Umuslim agar dalam pengabdiannya di tengah masyarakat lebih mengedepankan keiklasan dalam membantu.

“Jangan lebih memikirkan materi karena kalau kita dalam menggabdi sambil beriktiar kepada Allah, Insya Allah kita akan diberikan rezeki yang melimpah,” ujarnya.

Rektor Umuslim, Amiruddin Idris mengharapkan lulusan kebidanan yang dilantik lebih fokus pada kerja mandiri dengan membuka praktek sendiri ataupun berkelompok. Apalagi semuanya sudah lulus uji kompetensi.

“Jadi ilmunya sudah diakui sebagai seorang profesi yang akan berbuat di tengah masyarakat,” kata Amiruddin. [Aidil/rel]

Related posts