Gubernur dukung pendaftaran batu nisan Aceh ke UNESCO

Gubernur dukung pendaftaran batu nisan Aceh ke UNESCO
Ilustrasi. Konferensi pers yang digelar di Museum Aceh terkait Batu Nisan Aceh yang akan didaftarkan di UNESCO. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Humas dan Protokoler Setda Aceh, H Mulyadi Nurdin mengatakan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah sangat mendukung terkait batu nisan Aceh yang akan didaftarkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Gubernur Aceh sangat mendukung dan sudah menyiapkan langkah-langkah khusus untuk mendaftarkan batu Nisan ke UNESCO,” katanya dalam konfererensi pers yang digelar di Museum Aceh, Banda Aceh, Senin (20/3).

Dikatakannya untuk menempuh perjalanan pendaftaran batu nisan itu ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB tersebut membutuhkan dukungan semua pihak.

“Gubernur mendukung penuh dalam hal ini, tentu harus bekerja dengan semua elemen,” ujarnya.

Menurutnya jika sudah terdaftar nantinya banyak keuntungan yang didapatkan oleh masyarakat Aceh itu sendiri.

“Kalau sudah terdaftar, berarti semua perlindungan dan perawatan misalnya sudah dibiayai oleh UNESCO dan PBB,” katanya

Selain itu dirinya mengakui kalau batu nisan Aceh sangat luas dan tersebar bukan hanya di Aceh, tapi diluar Aceh pun sangat banyak.

“Saya baru tau nisan Aceh tersebar bukan hanya di Aceh, tersebar di Nusantara, bahkan di Thailand juga ada,” ujarnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts