138 pelajar SD ikut OSN tingkat Provinsi Aceh

138 pelajar SD ikut OSN tingkat Provinsi Aceh
(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 138 pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD) se-Provinsi Aceh mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi Aceh tahun 2017. Kegiatan ini berlangsung sejak 4 hingga 6 April 2017.

Kegiatan tersebut dibuka Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh di Hotel Grand Syariah, Banda Aceh, Selasa (4/4) malam.

Dikatakan dia, kegiatan yang diselenggarakan itu dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Dinas Pendidikan Aceh, kata dia, sedang melakukan berbagai upaya inovasi dan terobosan peningkatan mutu wajib belajar pendidikan dasar.

“Salah satu terobosan yang kita lakukan yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan lomba kesiswaan seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD). Disamping sebagai wahana bagi siswa untuk menumbuhkembangkan kompetensi akademik guna mendorong keberanian bersaing secara sehat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Menurutnya, disamping sebagai ajang dalam mencari bibit-bibit siswa berprestasi dalam bidang matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sejak tahun 1993, sebut dia, Indonesia telah menjadi anggota aktif mengikuti olimpiade sains dan prestasinya terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Saya menilai intensitas kegiatan lomba-lomba mata pelajaran ini berkorelasi positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah, tidak terkecuali bagi peserta didik di jenjang Sekolah Dasar (SD),” ujar Zulkifli.

Dijelaskan dia, OSN juga merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa yang tentunya diharapkan tercipta pula atmosfer kompetisi secara sehat antar sekolah.

“Sehingga sekolah berlomba-lomba untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran. Saya melihat atmosfer kompetisi sudah mulai terasa di Aceh dan efeknya sudah dapat diidentifikasi,” terang Zulkifli.

Dia mengharapkan para peserta yang mengikuti lomba OSN ini untuk dapat berkompetisi secara sehat dan sportif. Karena pemenang atau terbaik tingkat provinsi Aceh ini akan menjadi duta Aceh pada Olimpiade Sains tingkat nasional 2 hingga 8 Juli mendatang di Pekanbaru, Riau.

Sebelumnya, ketua panitia penyelenggara, Suryadi Jaya, dalam laporannya menyebutkan, sasaran kegiatan seleksi OSN tingkat provinsi Aceh ini adalah putra-putri Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta yang merupakan terbaik 1,2 dan 3 tingkat kabupaten/kota.

“Melalui lomba ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang Matematika dan IPA. Sehingga, terpilihnya siswa terbaik mewakili Aceh minimal 2 orang untuk masing-masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian tingkat provinsi,” paparnya. [Aidil/rel]

Related posts