Bursa Asia melemah, investor fokus pada Pilpres Korea Selatan

Bursa Asia melemah, investor fokus pada Pilpres Korea Selatan
Warga Korea Selatan melakukan pemilihan presiden setelah pemakzulan Park Geun-hye, Selasa (9/5). (Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Bursa Asia dibuka melemah pada perdagangan Selasa pekan ini, setelah mengalami lonjakan pada sesi perdagangan sebelumnya.

Investor fokus pada peristiwa regional utama yang terjadi hari ini yaitu pemilihan presiden (pilpres) di Korea Selatan.

Mengutip CNBC, Selasa (9/5), Nikkei Jepang diperdagangkan turun 0,02 persen setelah sebelumnya melonjak lebih dari 2 persen. Sedangkan S&P/ASX 200 Australia turun 0,31 persen.

Untuk Kospi Korea Selatan tutup karena adanya pemilihan presiden. Warga Korea Selatan pada hari ini melakukan pemilihan suara untuk mencari pemimpin baru setelah penggulingan Presiden Park Geun-hye karena adanya tuduhan suap.

Kandidat yang banyak mendapat dukungan pada pemilihan kali ini adalah Moon Jae-in dari Democratic Party of Korea yang beraliran liberal.

Survei terakhir yang dirilis akhir pekan lalu menunjukkan, Moon, kandidat dari Partai Demokrat, unggul sekitar 20 persen dari dua pesaingnya yang berasal dari kubu sentris dan konservatif.

Jika menang maka Moon akan menandai berakhirnya era kepemimpinan konservatif Park dan pendahulunya, Lee Myung-bak. Moon saat itu menjabat sebagai kepala staf bagi Presiden Roh Moo-hyun.

Untuk nilai tukar euro terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperdagangkan di level tertinggi dalam enam bulan terakhir di US$ 1,1023.

Sementara dolar Australia terus tertekan terhadap dolar AS. Anggaran Australia untuk tahun fiskal mulai 1 Juli akan diumumkan pada pukul 5.30 malam waktu setempat. [Liputan6.com]

Related posts