Jelang Ramadan perajin bedug kebanjiran pesanan

Jelang Ramadan perajin bedug kebanjiran pesanan
Ilustrasi. (antara)

Banyumas (KANALACEH.COM) – Jelang bulan Ramadan ternyata membawa berkah dan rezeki tersendiri bagi perajin bedug di Banyumas, Jawa Tengah. Seorang perajin Bedug yang sudah 21 tahun melakukan usaha ini, mengaku mengalami kenaikan pesanan hingga 50%.

Tak hanya pesanan dalam kota, mereka juga mengerjakan pesanan hingga luar pulau Jawa. Pemesanan bedug dari berbagai daerah ini untuk memenuhi kebutuhan bedug di sejumlah masjid di bulan ramadan dan di hari raya Idul Fitri dan juga untuk keperluan festival bedug.

Kini, menjelang bulan ramadan saja sudah membuat pesanan puluhan bedug untuk sebuah perusahaan yang akan menyelenggarakan festival bedug. Selain itu, pesanan bedug ini juga datang dari masjid-masjid serta mushala-mushala.

Bedug buatan Taufik Amin ini memang terbilang rajin dan dikenal karena kualitasnya. Alhasil, pesanan pun datang dari berbagai daerah di Jawa hingga luar pulau Jawa. Taufik dan beberapa pekerjanya membuat bedug dari kayu pilihan yaitu kayu trembesi, kulitnya pun menggunakan kulit sapi yang sudah diawetkan terlebih dahulu dengan cara dijemur.

“Untuk harga bedug ini sendiri dari yang terkecil ukuran diameter 20 senti seharga Rp1 juta sedangkan untuk ukuran setengah meter seharga Rp2 juta, untuk ukuran yang mencapai diameter 1,5 meter seharga Rp25 juta,” ujarnya.

Jelang bulan Ramadan tahun ini, usaha kerajinan bedug milik taufik mengalami kenaikan kurang lebih hingga 50% dibanding hari-hari biasa. Kebanyakan, pemesanan bedug ini untuk festival bedug di berbagai daerah menjelang malam takbiran nanti/ serta untuk keperluan masjid dan mushala di bulan Ramadan.

Sementara untuk mengejar pesanan, taufik kini menambah jam kerja pegawainya. Untuk pengerjaan 3 buah bedug, taufik kini menargetkan waktu satu hari, sedangkan proses pembuatan bedug sendiri memang tergolong cukup rumit dan memerlukan keahlian khusus.

“Untuk membuat rangka bedug saja, dibutuhkan waktu setengah hari penuh. Sementara proses selanjutnya menghaluskan kerangka bedug hingga proses pemasangan kulit bedug. Setelah bedug selesai, barulah dilakukan uji coba bunyi bedug. Bunyi bedug yang sudah teruji dan bersuara sesuai standar/ langsung dipilih dan dipisahkan untuk dikirim ke pemesan,” ujarnya. [Okezone]

Related posts