Panduan makanan sehat untuk sahur

Panduan makanan sehat untuk sahur
Ilustrasi - Makanan diet. (Shutterstock)

(KANALACEH.COM) – Pola makan pastinya akan berubah selama bulan Ramadan. Karenanya, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur menjadi sangat penting.

Karena, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur akan mempengaruhi energi dan kesehatan Anda selama berpuasa. Untuk sahur, Anda perlu makanan yang memberikan energi untuk menjalankan puasa selama berjam-jam.

“Sahur perlu sehat untuk memberi cukup energi agar bertahan selama berjam-jam puasa. Penting agar makanan yang Anda konsumsi membuat tubuh terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pilihan makanan selama sahur,” ujar Ahli Diet Klinis, Rahma Ali dari Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi yang dikutip dari laman Khaleejtimes.

Untuk itu, Rahma Ali merekomendasikan makanan-makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari saat sahur seperti berikut ini:

Makanan yang perlu dikonsumsi

1. Makanan kaya protein

Telur tinggi protein dan paling bergizi. Telur tidak hanya membantu Anda tetap kenyang, tapi bisa diolah dengan beberapa cara agar sesuai selera Anda.

2. Makanan kaya serat

Makanan gandum kaya serat dan dibutuhkan tubuh selama sahur. Serat larut akan membantu memperlambat pencernaan yang membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah. Hal ini sempurna untuk membuat Anda tetap bersemangat sepanjang puasa.

3. Makanan kaya kalsium dan vitamin

Produk susu merupakan sumber nutrisi yang hebat. Pilihlah smoothie yoghurt atau pilih susu vanila dan madu agar tetap kenyang dan terhidrasi sepanjang hari.

Makanan yang perlu dihindari:

1. Karbohidrat sederhana atau olahan

Karbohidrat olahan adalah makanan yang bertahan hanya 3 sampai 4 jam. Nutrisi dari karbohidrat olahan juga rendah, seperti gula, tepung putih, kue kering, dan donat.

2. Makanan asin

Ketidakseimbangan kadar natrium di tubuh membuat Anda sangat haus saat berpuasa. Jadi, usahakan hindari kacang asin, acar, keripik dan makanan yang mengandung kecap.

3. Minuman berkafein

Kopi mengandung kafein yang menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain itu, minuman berkafein seperti teh manis, kopi, minuman energi dan soda membuat Anda akan merasa lebih haus selama berpuasa. [Okezone]

Related posts