Hadapi rentenir, tim ICI launching platform pinjaman online berbasis syari’ah di Meulaboh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekumpulan pemuda di Aceh barat yang tergabung dalam komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI), melaunching platfrom bantusaudara.com. sebuah layanan pinjaman online tanpa bunga dengan konsep jaminan virtual, di Muelaboh, Senin (29/5).

Rahmat Saputra, co-founder ICI menjelaskan,bantusaudara.com dilanching dengan tujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pinjaman tanpa bunga dan tanpa jaminan melalui internet, hanya bermodal jaminan virtual.

Ia sendiri mengaku konsep ini baru pertama dikenalkan di Indonesia. Jaminan virtual adalah photo barang yang  bisa dijual ketika pinjaman telah jatuh tempo tetapi peminjam belum bisa mengembalikan dana pinjaman, tetapi barang tersebut tetap ada pada peminjam, mereka cukup mengirimkan photonya saja.

Ads

Salah seorang tim ICI lainnya, Dr Erizar mengatakan, semua proses administrasi dilakukan secara online, proses pencairan dan pengembalian danapun dilakukan melalui transfer bank. Tidak ada tatap muka sama sekali.

Ia menjelaskan pinjaman yang dapat diajukan mulai dari 100 ribu s/d 1 juta rupiah dengan lama pinjaman 1 hari s/d 30 hari. Tidak ada biaya apapun. Dalam arti jika dia pinjam 500 ribu, kembalinya tetap 500 ribu.

“Memang bantuan yang kami berikan ini sangat beresiko, karena itu kami sangat mengharapkan kejujuran dari pada calon peminjam. Mengingat tidak ada keuntungan materi sama sekali yang kami dapatkan. Kami hanya ingin membantu saudara dan mengharapkan ridho Allah semata,” katanya melalui rilis yang diterima.

Lebih lanjut Saputra menjelaskan, dana yang digunakan ini berasal dari para donatur atau investor (investor akhirat) yang bersedia menitipkan sedikit dananya untuk dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan, tanpa keuntungan dan tanpa imbalan.

Walaupun begitu, tim ICI memiliki perjanjian dengan donatur untuk mengembalikan dana tersebut tepat waktu dan utuh 100%. Saat ini layanan bantusaudara.com sudah bisa diakses oleh masyarakat yang berdomisili di Aceh Barat. “Jika dukungan masyarakat besar, tidak menutup kemungkinan daerah-daerah lainnya akan segera menyusul. Tambahnya,” ujarnya.

Rahmat saputra melanjutkan, sejak ide bantusaudara.com ini diluncurkan, platform ini telah mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat dan mendapatkan 2 penghargaan nasional. Pertana, grand finalis kompetisi BRI Digital Challenge di Jakarta dan Top 20 Regional TheNextDev Telkomsel di Surabaya. [Randi/rel]

Ads