Maladewa berguru pada Indonesia di bidang perhubungan antar-Pulau

ilustrasi. (lampukecil.com0

Jakarta (KANALACEH.COM) – Indonesia dan Maladewa bisa dibilang memiliki banyak persamaan. Khususnya dalam hal menyandang julukan sebagai negara kepulauan. Indonesia punya lebih dari 17 ribu pulau, sedangkan Maladewa terbentuk dari hampir 1.200 gugusan atol.

Berdasarkan kedekatan (proximity) dari segi geografis tersebut, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bermaksud menggambarkan ikatan yang terjalin antara kedua negara. Betapa keduanya juga memiliki persamaan kepentingan, di antaranya menyangkut perubahan iklim.

“Sebagai sama-sama negara berkonsep archipelago, negara kepulauan adalah yang paling merasakan dampak perubahan iklim. Untuk itu, kami membicarakan komitmen dalam konteks Paris Agreeement, yakni memerangi perubahan iklim tersebut,” ujar Menlu Retno soal pertemuannya dengan Menlu Maladewa Mohamed Asim di Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (21/6).

Dalam pertemuan itu turut dibahas sejumlah kerjasama, mencakup sektor pariwisata dan perlindungan WNI. Saat ini ada 1.400 tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Maladewa, kebanyakan dalam sektor pariwisata.

“TKI kita banyak membantu Maladewa di sektor pariwisata. Kalau kalian ke hotel-hotel di Male juga, perlengkapan furniturnya merupakan produksi dari Indonesia,” ucapnya.

Maladewa sendiri datang ke Indonesia untuk belajar mengenai konektivitas antarpulau. Oleh karena itu, Menlu Mohamed Asim dari Kemlu langsung berangkat menyambangi Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dan PT Dirgantara Indonesia.

“Kami tawarkan dalam kunjungan ini juga kerjasama dalam bidang moda transportasi yang menghubungkan antarpulau. Maladewa kami tahu sangat membutuhkan itu,” sambungnya.

Selain itu, Indonesia juga memberikan kerjasama di bidang teknik. Di antaranya, disaster management, perikanan, demokrasi, good governance dan bidang pertelevisian. Menlu Retno menyatakan, jika Maladewa membutuhkan lebih dari itu, maka Indonesia siap menjalin kerjasama lebih lanjut. [Okezone]

Related posts