Dilanda kekeringan, warga Suka Makmur Shalat Istisqa

KAMMI Aceh ajak rakyat Aceh laksanakan Shalat Istisqa
Warga Suka Makmur, Aceh Besar melaksanakan Shalat Istisqa di Masjid Lamteh Dayah, Senin (24/7). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Hujan yang tak kunjung turun selama dua bulan terakhir membuat sekitar 4.000 hektare sawah di sebagian wilayah Aceh Besar mengalami kekeringan. Sehingga padi milik warga terancam gagal panen.

Untuk itu, ratusan warga Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar menggelar sholat Istisqa untuk meminta hujan di Mesjid Lamteh Dayah, Senin (24/7).

Kepala mukim setempat, Ridwan mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan puncak keprihatinan masyarakat, utamanya petani yang tanaman pertaniannya sebagian mati dan terancam gagal panen karena sudah dua bulan lebih tidak ada hujan.

“Hujan sangat diharapkan, maka kami sepakat melaksanakan shalat Istisqa ini, mudah-mudahan doa kami terkabul dan hujan segera turun sehingga tanaman akan kembali tumbuh dan bisa panen sebagaimana yang diharapkan,” katanya usai laksanakan shalat Istiqsa.

Menurut dia, hujan yang diharapkan adalah hujan yang berkah dan tidak membawa musibah. dalam kondisi mendapat cobaan dari Allah, termasuk terhentinya curah hujan, umat Islam hanya bisa berpasrah diri kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan manusia, makanya kita wajib berpasrah diri, mohon ampun segala dosa dan kesalahan, semoga hujan yang kita tunggu segera turun,” ujarnya.

Di Kecamatan Suka Makmur tersebut, sekitar 300 hektare sawah warga mulai dilanda kekeringan. Apalagi, mayoritas mata pencarian warga setempat ialah petani khususnya, bersawah. Sementara, umur padi diwilayah itu memasuki umur 3 bulan.

“Padi kami ini rata-rata sudah mulai keluar buahnya, jadi sangat membutuhkan air,” katanya.

Pantauan Kanalaceh.com dilokasi, selain warga, personel polsek Suka Makmur dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) setempat juga dilibatkan dalam shalat Istisqa tersebut. [Randi]

Related posts