JK dukung Viktor Laiskodat dilaporkan ke polisi

JK dukung Viktor Laiskodat dilaporkan ke polisi
Wapres Jusuf Kalla (kiri) berbincang dengan Aburizal Bakrie dan Surya Paloh (kanan). (Antara Foto)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan langkah partai-partai politik yang melaporkan Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR, Viktor Laiskodat ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri sudah tepat. Menurut dia hal ini lebih baik ketimbang terjadi konflik antarpartai.

Menurut Kalla, biarkan nantinya proses hukum yang menentukan.

“Saya kira itu jalan yang benar bahwa kalau ada apa-apa kita proses hukum saja,” katanya di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8).

Ia menyatakan belum melihat video pidato Viktor yang menuding empat partai (Gerindra, Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional) intoleran dan pendukung ideologi khilafah. Sebabnya Kalla tidak mau berkomentar banyak soal materi video itu. “Saya cuma lihat judulnya saja,” ucapnya.

Sebelumnya, video pidato Viktor di Nusa Tenggara Timur menjadi viral di media sosial. Ia mengatakan ada kelompok ekstremis yang hendak mengubah konsep pemerintahan di Indonesia menjadi khilafah. Kelompok ini mendapat dukungan dari beberapa partai-partai yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ucapannya itu mendapat reaksi keras dari partai yang disebut. Perwakilan Partai Gerindra dan PAN melaporkan Viktor ke Bareskrim, kemarin.

Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi NasDem, Johnny G. Plate, menjelaskan Viktor berbicara seperti itu dalam rangka menyampaikan kondisi politik terkini kepada masyarakat.

Menurut dia partai-partai tersebut menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Masyarakat yang diterbitkan pemerintah untuk membubarkan ormas-ormas yang menganut ideologi selain Pancasila.

“Kalau menolak Perpu tersebut berarti yang diomongin Viktor benar dong,” kata Johnny. [Tempo.co]

Related posts