Sebagai ksatria gajah, Chicco Jerikho selidiki konflik gajah dan manusia di Aceh

Sebagai ksatria gajah, Chicco Jerikho selidiki konflik gajah dan manusia di Aceh
Chicco Jerikho. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aktor film sekuel filosofi kopi, Chicco Jerikho mengunjungi Aceh untuk melihat kehidupan Gajah di tanah rencong. Selama di Aceh, ia banyak mendapat cerita tentang konflik gajah dan manusia di daerah tersebut.

Didaulat sebagai elephant warrior (Ksatria Gajah) oleh World Wildlife Fund (WWF), meski baru pertama kali datang ke Aceh, Chicco nampaknya manaruh perhatian serius terkait konflik itu. Ia mengatakan, gajah ialah satwa yang harus dilindungi. Dimana saat ini populasinya semakin berkurang, apalagi di Sumatera khususnya Aceh.

Setelah beberapa hari melakukan observasi gajah di Karang Ampar (Tempat konflik gajah dan manusia) Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, ia dan WWF akan menyilidiki lebih dalam penyebab konflik tersebut. Sehingga, hal itu tidak akan terulang lagi.

“Inilah yang ingin kami selidiki, apa sih penyebab sebenarnya konflik antara manusia dengan gajah,’’ kata Chicco kepada wartawan di Museum Aceh, Banda Aceh, Selasa, 15 Agustus 2017.

Selama melakukan konservasi di Karang Ampar, Chicco sudah merekam dan memiliki data yang diperoleh dari masyarakat sekitar terkait konflik tersebut. Sebisa mungkin, kata dia, dalam waktu dekat akan merilis video untuk mengkampanyekan penyelamatan Gajah.

Dari data yang dimilikinya, Aceh merupakan daerah populasi gajah sumatera terbanyak dari sejumlah provinsi lainnya di Sumatera. Saat ini ada sekitar 500-an invividu masih tersisa di hutan Aceh.

“Setelah kunjungan ini, saya nanti akan bercerita dan merilis video di sosial media,” ujar pria berdarah Ambon ini.

Selama di Aceh, Chicco Jerikho memiliki misi untuk menyelamatkan gajah dari kepunahan lewat film dokumenter yang tengah dipersiapkan. Lokasi syutingnya akan dipusatkan di Karang Ampar Kecamatan Ketoi, Pameu, Rusip Antara Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah dan di Museum Aceh di Kota Banda Aceh. [Randi]

Related posts