Aksi Teatrikal gambarkan pembantaian etnis Rohingya

Begini dampak bila Indonesia putus hubungan diplomatik Myanmar
Aksi teatrikal yang menggambarkan pembantaian terhadap etnis rohingya, aksi ini digelar di pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, Kamis (7/9). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Masyarakat Aceh yang tergabung dalam beberapa lembaga menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan pembantaian terhadap etnis rohingya yang dilakukan oleh militer Myanmar, aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap rohingya.

Aksi yang digelar di pantai Gampong Jawa, Kamis (7/9) sore itu, menunjukkan bagaimana kekejaman tentara Myanmar melakukan penyiksaan hingga pembunuhan terhadap etnis Rohingya. Dengan menggunakan senjata lengkap dan atribut aksi teatrikal lainnya.

aksi teatrikal peduli rohingya. (Kanal Aceh/Randi)

Kordinator aksi, Tuanku Muhammad mengatakan, aksi ini dilakukan agar masyarakat Aceh secara keseluruhan dapat melihat betapa kebiadaban tentara Myanmar yang menyiksa etnis rohingya. Sehingga memunculkan reaksi kemarahan rakyat terhadap militer Myanmar.

“Aksi ini bentuk keprihatinan kita terhadap pembantaian yang dialami etnis rohingya,” katanya kepada waratwan. Ia mengatakan, aksi ini sengaja dilakukan di pinggir laut. Menurutnya, ini sebagai wujud nyata jika etnis rohingya memilih Aceh sebagai tempat persinggahan atau pelarian, pihaknya siap menyambut dengan terbuka.

aksi peduli rohingya. (Kanal Aceh/Randi)

Ditempat terpisah, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, ia meminta Pemerintah Myanmar segera menemukan solusi guna menghentikan kekerasan yang sedang berlangsung terhadap minoritas Muslim Rohingya di wilayah Rakhine, Myanmar. [Randi]

Related posts