Layanan pinjaman online bantusaudara.com hadir di 5 kabupaten di Aceh

Layanan pinjaman online bantusaudara.com hadir di 5 kabupaten di Aceh
Website bantusaudara.com

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Layanan pinjaman online bantusaudara.com yang diluncurkan beberapa bulan lalu di Kabupaten Aceh Barat, kini sudah bisa diakses oleh masyarakat di lima kabupaten di Provinsi Aceh.

Kelima kabupaten itu adalah Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Barat.

Perluasan akses layanan ini didorong oleh banyaknya permintaan masyarakat agar layanan ini tidak hanya bisa diakses oleh masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, tapi juga di kabupaten lainnya di Provinsi Aceh.

Platform sosial bantusaudara.com ini digagas oleh beberapa pemuda dan mahasiswa asal Aceh yang tergabung dalam komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI).

Bantusaudara.com merupakan sebuah layanan pinjaman online berbasis syariah, tanpa bunga dan tanpa jaminan. Calon peminjam hanya diminta mengupload foto jaminan virtual dan mengisi formulir online di website bantusaudara.com.

Jaminan virtual sendiri adalah foto barang berupa gadget, kendaraan atau barang bernilai lainnya yang bisa dijual ketika peminjam belum bisa mengembalikan dana pinjaman, sementara pinjaman telah jatuh tempo.

Penggagas bantusaudara.com, Rahmat Saputra mengatakan dana yang didapatkan berasal dari para donatur yang bersedia menitipkan dananya untuk dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan, tanpa keuntungan dan tanpa imbalan.

“Namun, tim ICI berkomitmen untuk memastikan dana tersebut aman melalui sistem dan teknologi yang terus dikembangkan. Tim ICI juga memiliki perjanjian (MoU) dengan para donatur untuk mengembalikan dana tersebut utuh 100% setelah sampai satu tahun,” kata Rahmat dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Senin (11/9).

Lanjutnya, saat ini terdapat ratusan member yang terdaftar di platform bantusaudara.com sejak layanan ini diluncurkan pada bulan Juni 2017. Sejak diluncurkan, 20 persen lebih yang memakai jasa ini bukan berasal dari Kabupaten Aceh Barat, sehingga mereka belum bisa mengajukan pinjaman online di platform ini.

“Karena itu sejak satu bulan lalu kami melakukan evaluasi sistem dan memberikan akses layanan pinjaman secara terbatas kepada masyarakat di beberapa kabupaten di Provinsi Aceh selain kabupaten Aceh Barat. Dan sekarang layanan ini secara resmi sudah bisa diakses di lima kabupaten di Provinsi Aceh,” jelas Rahmat.

Diketahui, bantusaudara.com telah mendapatkan banyak apresiasi dan penghargaan nasional. Termasuk dari BRI yang memilih platform bantusaudara.com sebagai grand finalis dalam kompetisi BRI Digital Challenge di Jakarta dan Telkomsel yang memilih bantusaudara.com sebagai Top 20 Regional TheNextDev Telkomsel di Surabaya. [Aidil/rel]

Related posts