Begini, cara sehat minum kopi

Kapan sebaiknya minum kopi hitam ?

(KANALACEH.COM) – Minum kopi sudah menjadi tradisi dan gaya hidup di Indonesia. Ketika kumpul bersama teman-teman atau keluarga, tak lengkap rasanya jika tidak ditemani secangkir kopi.

Meski lekat dengan tradisi dan gaya hidup, muncul juga pandangan lain mengenai kopi. Misalnya, kontroversial kopi dan minuman berkafein lainnya dianggap dapat membahayakan kesehatan, termasuk pada jantung. Banyak orang yang mengira minum kopi bisa membuat jantung berdebar-debar. .

Tak sedikit orang memperbaiki hal tersebut, sehingga membuatnya benar-benar menghindari konsumsi kopi. Apalagi jika keluarga mereka memiliki riwayat penyakit jantung, sudah pasti akan meninggalkan kopi jauh-jauh sebagai minuman karena anggapan yang kurang tepat tersebut. Padahal dokter menyangkal hal itu, bahkan ternyata hanya menjadi mitos yang berkembang.

Tidak secara umum kopi berbahaya bagi kesehatan, terutama fungsi kerja jantung. Kopi sangat aman diminum dengan batasan tidak lebih dari dua cangkir sehari saja loh. Dengan takaran tersebut, minum kopi tidak akan menimbulkan efek yang berarti terhadap jantung.

“Kopi bila diminum dalam jumlah yang masuk akal, yaitu satu sampai dua cangkir per hari tidak berefek pada tekanan darah dan jantung,” kata Spesialis Jantung Pembuluh Darah Konsultan dr Siska Suridanda Danny SpJP(K) saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Tetapi, pembuatan kopi yang dimaksud aman bagi jantung, yakni tidak terlalu pekat dan dicampur susu berlebihan, lalu tidak mencampurkan gula. Jika tidak seperti itu, dampaknya jug membuat Anda diabetes dan menderita penyakit lainnya di kemudian hari.

Terlepas dari itu, dr Siska menambahkan, pada beberapa pasien jantung seperti gangguan irama jantung atau aritmia memang tidak disarankan untuk menyeruput kopi dan minuman berkafein lainnya dalam bentuk apapun. Hal ini dapat memicu detak jantungnya tidak normal.

“Memang pada beberapa pasien aritmia tidak disarankan konsumsi kopi. Tapi enggak secara umum kopi itu jelek untuk jantung kok,” tutupnya. [Okezone]

Related posts