IKAT latih imam dan pengajar Alquran di Pidie Jaya

IKAT latih imam dan pengajar Alquran di Pidie Jaya
Pelatihan peningkatan kualitas bacaan alquran bagi para tgk imam dan pengajar alquran di Pidie Jaya. (Ist)
--Ads--
loading...

Meureudu (KANALACEH.COM) – Setelah melatih tahsin di 4 kecamatan di Pidie Jaya, kali ini giliran Kecamatan Meurah Dua dan Ulim mendapat kesempatan berbagi ilmu dari mentor tahsin Alquran Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh.

Kegiatan yang bertajuk “Training Of Trainer Tahsin Alquran Metode Awsat” tersebut berlangsung di masing-masing aula kantor kecamatan setempat selama dua hari, Sabtu (14/10) dan Minggu (15/10).

Kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan kualitas bacaan alquran bagi para tgk imam dan pengajar alquran tersebut disambut antusias dari para peserta.

Ads

“Testimoni dari para peserta, mereka minta diadakan lagi. Tidak cukup 2mdua hari. Banyak ilmu baru yang mereka dapatkan untuk memperkuat ilmu yang sudah ada,” ungkap Ustadz Mahfuz Annur, koordinator tim Tahsin IKAT dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Senin (16/10).

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diajak untuk mengulang kaji Ilmu riwayat dan Qiraah, Makhrajul huruf, Shifatul Huruf, Hukum Mad, Ahkam Nun dan Mim Sukun dan lainnya berkaitan dgn Tajwid secara teori dan praktek (ilman wa amalan).

Sebelumnya, para imam dan guru alquran yang sudah mendapatkan pelatihan adalah kecamatan Bandar Baru, Trienggadeng, Panteraja, dan Meureudu.

“Ratusan peserta sudah. Jangka Buya dan Bandar Dua yang terakhir nanti. Target minimal 222 peserta dari seluruh desa se-Pijay bisa ikut,” sambung Ketua IKAT, M Fadhil Rahmi.

Adapun para tutor (muallem) yang tergabung dalam tim tahsin IKAT mereka adalah alumni timur tengah yang sudah mendapat silsilah sanad (sertifikat) dari syeikh yg merupakan ulama qurra'(ahli qiraah) berkelas Internasional, diantaranya Tgk M Yasin Jumadi, Tgk Ahmad Syukran, Tgk Irwansyah, Tgk Mujtahid Anwar dan Tgk Mahfuz Annur. [Aidil/rel]

Ads