11 November hari belanja terbesar

11 November hari belanja terbesar
Mulia Mardi. (Dok. Pribadi)
--Ads--
loading...

Oleh: mulia mardi

11.11 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh semua masyarakat di Tiongkok. Begitu juga kami mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan studi di Tiongkok.

Ada apa di tanggal 11 November? Kenapa semua orang menunggu tanggal 11 November? Apa yang kami lakukan di hari 11 November?

11 November adalah hari diskon besar-besaran sekali dalam setahun di Tiongkok. Hampir semua barang bermerek dan merek terkenal bisa menjadi barang kacang di Tiongkok cuma satu hari.

Ads

Semua benda apapun bisa menjadi murah setengah harga bahkan hingga 80% diskon baik peralatan elektronik maupun kebutuhan rumah tangga atau apapun itu ketika suatu toko memberikan label 11.11 di depannya.

Tidak terkecuali barang primer atau sekunder, pokoknya apapun yang kita lihat jika melambangkan 11.11 di toko online atau di mall tidak terkecuali pasti memberikan harga yang miris.

Ada satu grub besar di Tiongkok yang memberikan perayaan besar yaitu Alibaba. Banyak cara Alibaba grub memberikan kepada hal yang menarik kepada pelanggannya agar setiap orang menunggu dan menyambut hari 11.11.

Perusahaan ini tidak tanggung memberikan diskon kepada pelangganya. Di saat semua orang di isukan dengan Iphone X dengan harga 9,000 Rmb, perusahaan Alibaba bisa membuat permainan yang menarik menjual Iphone X hanya dengan harga 10 – 100 Rmb bagi anda yang beruntung.

Permainan ini hanya dilakukan di online shop Taoboa, dengan syarat anda harus selalu memantau online shop ini dengan melihat kapan Iphone X ini memberikan harga yang sangat murah, biasanya Taobao hanya memberikan waktu 1 – 2 menit x 10 kali selama satu hari saja, jika anda beruntung begitu senangnya anda mendapatkan Iphone x dengan harga yang sangat murah.

Tidak lupa arti yang sebenarnya 11 November adalah perayaan single day atau hari jomblo sedunia namun semakin kesini hari 11 November dihiasi pembelanjaan paling besar di dunia.

Kebanyangkan, apa yang masyarakat Tiongkok lakukan dihari ini, begitu juga sebagian dengan kami mahasiswa yang ada di Tiongkok.

Biasanya kami pelajar kebanyakan memantau online shop Taobao, kami bisa memilih barang apa saja yang dengan harga yang sangat murah.

Biasanya hampir semua mahasiswa menggunakan smartphone untuk belanja semua barang, prosesnya juga sangat mudah karena barang yang sudah kita beli pembayarannya lansung melalui smartphone tidak perlu keluar untuk membayar ke ATM, semua online shop sudah terhubung dengan saldo bank di China.

Siapa juga yang tidak ingin belanja bila diberi penawaran harga super miring? Berkaca dari tahun lalu, hajatan tahun ini diprediksi akan semakin hits. Apalagi kali ini semakin banyak e-commerce populer yang ambil bagian.

*Penulis merupakan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Wuhan 2017.

Ads