BMKG: Cuaca ekstrim landa Aceh hingga 2 hari ke depan

BMKG: Cuaca ektrim landa Aceh hingga 2 hari ke depan
Prakiraan Cuaca BMKG, Minggu (3/12).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi cuaca ekstrim hingga dua hari ke depan yang melanda perairan Aceh.

Menurut data yang dirilis BMKG pada Minggu (3/12), ketinggian gelombang laut di kawasan perairan Sabang dan Banda Aceh mencapai 2 hingga 3,5 meter. Kondisi ini diperkirakan terjadi hingga dua hari ke depan.

Sementara itu, di perairan Aceh lainya seperti di wilayah perairan barat selatan Aceh, ketinggian gelombang laut mencapai 2 hingga 3 meter. Kemudian di perairan selat malaka bagian utara Aceh mencapai 2,5 meter.

Di perairan Samudera Hindia sebelah barat Aceh ketinggian gelombang laut juga diperkirakan mencapai 3 meter dan diperairan timur dan utara Aceh mencapai 2 hingga 2,5 meter.

“Yang berpengaruh terhadap gelombang diperairan Sabang lebih disebabkan oleh adanya timbul Eddy (pusaran angin),” kata Kasi Data dan Informasi BMKG stasiun Blang Bintang Aceh, Zakaria, Minggu (3/12).

Terkait Badai Dahlia yang terjadi dalam beberapa hari terkahir di wilayah perairan barat selatan Sumatera (Bengkulu) juga berdampak terjadinya cuaca ekstrim di seluruh wilayah Aceh.

“Cuma imbasnya karena ada Eddy sehingga terjadi kovergen. Sedangkan pangaruh Badai Dahlia terhadap kondisi cuaca adalah tersedot masa udara ke badai Dahlia sehingga terbentuk belokan angin dan mengerucut nya arah angin di atmosfer Aceh,” kata Zakaria.

Ia mengimbau kepada nelayan dan pengguna jasa pelayaran untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrim yang melanda Aceh dalam dua hari ke depan. [Fahzian Aldevan]

Related posts