4 manfaat luar biasa jus mentimun untuk tubuh

Tempo.co

(KANALACEH.COM) – Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat, baik di dalam maupun di luar. Sebagai contoh, Anda tentu berharap memiliki tekanan darah yang normal.

Sebab seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih mudah terserang penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Selain itu, bisa jadi Anda menginginkan kulit yang lebih cerah atau menghilangkan kantung mata karena kurang tidur.

Kedua hal itu bisa didapatkan dengan cara yang sederhana, Anda hanya perlu mengonsumsi mentimun. Ya, sayuran yang kandungan airnya tinggi itu memang memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Bila Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa menjadikan mentimun sebagai jus.

Melansir Okezone.com, Sabtu (15/12), berikut sederet manfaat jus mentimun yang bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin:

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Mentimun terdiri dari 95% air sehingga terbilang sayuran yang paling ekonomis untuk dijadikan jus. Dengan begitu, jus mentimun memberikan cairan paling banyak untuk tubuh. Kandungan airnya yang tinggi dapat meningkatkan hidrasi tubuh, membuang racun, mendinginkan tubuh, membantu penurunan berat badan, dan membantu sistem pencernaan.

Mengurangi risiko penyakit

Jus mentimun kaya akan mineral dan senyawa kimia yang dapat membantu tubuh menyeimbangkan hormon untuk melawan penyakit. Sebut saja kandungan silika yang menjaga persendian agar tetap sehat dan membuat tubuh mampu beraktivitas lebih lama. Selain itu, kandungan kalium dan magnesiumnya membantu mengatur tekanan darah agar tetap normal. Maka dari itu tak heran bila banyak pasien hipertensi senang mengonsumsi timun guna menjaga tekanan darahnya. Di sisi lain, mentimun bisa membantu kaum perempuan mengurangi risiko terkena kanker payudara, ovarium, dan rahim karena mengandung trifecta lariciresinol, pinoresinol, serta secoisolariciresinol lignans.

Menjadi penambah energi

Segelas jus mentimun yang dikonsumsi secara rutin dapat menambah kadar vitamin B yang berkontribusi terhadap peningkatan energi tubuh. Sebab, kekurangan vitamin B membuat seseorang mengalami kelelahan, mudah tersinggung, dan kurang konsentrasi. Selain itu, jus mentimun juga bisa dijadikan sebagai pengganti kopi bagi Anda yang ingin mencoba berhenti mengonsumsi minuman berkafein itu.

Memperbaiki kulit

Selama bertahun-tahun, banyak orang yang suka memanfaatkan mentimun untuk mengurangi bengkak pada mata dan mengurangi iritasi kulit. Selain itu, mentimun juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Mentimun mengandung tingkat antioksidan yang tinggi sehingga membantu mengatasi peradangan di tubuh serta mengurangi kemungkinan iritasi, bengkak, dan noda di kulit. []

Komentar Facebook
Ads