HUT Bener Meriah, 4 kabupaten di Aceh ikut lomba pacuan kuda

HUT Bener Meriah, 4 kabupaten di Aceh ikut lomba pacuan kuda
Lomba pacuan kuda di Lapangan Sengeda, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (9/1). (Ist)

Redelong (KANALACEH.COM) –  Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Bener Meriah Ke-14 tahun 2018, empat kabupaten di Aceh mengikuti lomba pacuan kuda di di Lapangan Sengeda, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (9/1).

Pacuan kuda yang bertemakan “Menuju Bener Meriah Bersih” diikuti oleh kabupaten Bener Meriah dengan jumlah 112 kuda, Aceh Tengah 137 kuda, Gayo Lues 52 kuda dan Aceh Besar 2 kuda. Total keseluruhan yaitu 303 kuda.

Bupati Bener Meriah, Ahmadi mengatakan, di usia kabupaten Bener Meriah yang ke-14 tahun, ia ingin melengkapi keinginan kabupaten tersebut untuk melaksanakan penyelengaraan even besar yang tidak ternilai.

“Sebagaimana diketahui Gayo tidak pernah lesu dengan budaya yang berkembang seiring dengan kemajuan jaman seperti kesenian Didong, Tari Guel, Saman dan tidak ketinggalan pacuan kuda,” katanya.

Bupati Ahmadi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan perjudian, miras dan pengunaan narkoba demi terwujudnya Bener Meriah yang islami, harmoni, maju serta sejahtera.

“Kepada peserta agar dapat mengikuti perlombaan dengan semangat, sportifitas yang tinggi, untuk panitia apabila sudah masuk waktu shalat atau adzan berkumandang agar seluruh kegiatan dihentikan,” harapnya.

Sementara Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Hendry Widodo menuturkan, selain memperingati HUT Bener Meriah, kegiatan pacuan kuda ini juga memberikan dampak positif bagi para peminat kuda juga atlet yang ada di daerah ini.

“Para atlet harus terus bisa melatih ketangkasan dalam berkuda dan kami mengharapkan agar kejuaran ini dapat berjalan dengan baik serta untuk para peserta harus menjujung sportifitas dalam pertandingan,” katanya. [Aidil/rel]

Related posts