Dampak erupsi Sinabung, pengendata motor di Lhokseumawe dibagikan masker

Dampak erupsi Sinabung, pengendata motor di Lhokseumawe dibagikan masker
Anggota Kodim 0103/Aceh Utara membagikan masker kepada pengguna jalan di Kota Lhokseumawe akibat terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, Selasa (20/2). (Ist)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Akibat dampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara yang melanda hingga ke Kota Lhokseumawe, anggota Kodim 0103/Aceh Utara, membagikan seribu masker kepada pengguna jalan, Selasa (20/2).

Pembagian masker kepada pengguna jalan oleh personel Kodim 0103/Aceh Utara yang langsung dipimpin Danramil 16/Banda Sakti Kapten Inf Anhendrik adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi dampak bahayanya saluran pernafasan dari bahaya abu vulkanik.

“Sehingga tetap aman selama berkendara,” ungkap Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 16/Banda Sakti Kapten Inf Anhendrik.

Lanjutnya, pembagian masker kepada pengguna jalan itu, khusus diberikan kepada pengguna jalan yang memakai helm. Sedangkan yang tidak memakai helm tidak diberikan.

“Kita membagikan masker ini kepada pengendara kendaraan roda dua yang memakai helm, di sejumlah tempat dalam wilayah pusat Kota Lhokseumawe, Simpang Empat. Sehingga pengendara kendaraan dapat terlindungi pernafasannya saat berada di luar rumah,” katanya.

Untuk mengantisipasi dampak bahaya abu vulkanik tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu beraktivitas diluar ruangan.

Anhendrik menjelaskan, selain dapat menganggu pernafasan, abu vulkanik tersebut juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. “Akan tetapi jika berada di luar ruangan disarankan untuk memakai masker, guna mengurangi bahaya debu tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, sebagaimana diketahui, abu vulkanik tersebut mulai terasa turun di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, pada Senin pukul 21.00 WIB yang ditandai dengan berdebunya benda-benda yang berada diluar rumah seperti kendaraan dan lain sebagainya. [Aidil/rel]

Related posts