Suka makan asin, ini bahaya konsumsi garam berlebihan

Ilustrasi. (Viva.co.id)

(KANALACEH.COM) – Makanan asin yang dibumbui garam lebih enak dimakan dan menggugah selera. Tapi kalau kebanyakan makan, Anda bisa terkena risiko penyakit kronik.

Sudah banyak bukti penderita hipertensi awalnya mengalami penyakit itu karena terlalu berlebihan mengonsumsi makanan serba asin. Per tahun, banyak sekali laki-laki dan wanita menderita tekanan darah tinggi karena tidak mengontrol pola makan.

Beberapa penelitian menunjukkan, seseorang yang bisa mengontrol pola makan dari asupan garam yang rendah dapat mencegah risiko hipertensi sejak dini. Namun sayangnya, konsumsi garam berlebihan bisa bikin orang kecanduan.

Apalagi jika Anda mengonsumsi camilan dengan tambahan natrium berlebihan. Memang bikin lidah ketagihan, tapi dampaknya juga tidak bagus. Setelah ngemil makanan itu, pasti Anda merasakan haus yang berlebihan.

Banyak studi menunjukkan, asupan garam bisa meningkatkan kemungkinan obesitas sebesar 25%, dilansir dari Okezone.com, Selasa (27/2). Anak-anak sangat rentan mengalami masalah itu, apalagi bagi yang menyukai junk food.

Memang, makanan serba asin banyak memicu kontroversi karena efeknya tidak baik bagi kesehatan. Tapi beberapa orang tidak percaya dengan hal itu.

Padahal Anda bisa mengontrol konsumsi makanan dengan banyak tambahan bumbu garam. Karena nantinya akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit kronik yang berkaitan dengan kardiovaskular.

Peneliti juga percaya bahwa orang yang terlalu sering konsumsi makanan asin, bisa memicu serangan jantung yang tak terduga. Ada banyak uji klinis yang membuktikan hal itu.

Terlebih, selain mencegah penyakit itu dengan mengontrol asupan garam, Anda juga harus rajin beraktivitas fisik. Paparan polusi udara juga harus dikurangi, karena mencegah penyakit membahayakan dalam jangka panjang.

Makanan tinggi garam

Dari pembahasan di atas, jelas Anda harus membatasi konsumsi garam. Selain itu, Anda juga harus membatasi konsumsi beberapa makanan yang tinggi garam. Di sini Anda harus hati-hati, karena tidak semua makanan tinggi garam berasa asin. Berikut 5 makanan yang mengandung tinggi garam seperti dilansir Thehealthsite:

Jus sayuran

Jangan minum jus sayuran berlebihan, karena juga sarat dengan natrium. Hanya minum segelas jus sayuran dapat mengandung sekira 289mg natrium. Jadi, pastikan Anda tidak terlalu banyak minum jus sayuran.

Saus tomat

Gula tambahan mungkin menyembunyikan kandungan garam yang tinggi dari saus tomat. Selain itu, natrium nitrit adalah bahan umum yang ditambahkan untuk menghaluskan saus tomat.

Roti pita

Roti pita disebut-sebut sebagai makanan sehat karena dibuat dari gandum. Tapi, selain serat, roti ini berisi natrium dengan 284mg hanya dalam satu bungkusnya.

Makanan yang dipanggang

Makanan dipanggang seperti kue, muffin, dan pancake mengandung baking soda yang dapat berisi sekira 480mg natrium per sendok teh. Jadi, selain kelebihan kalori, Anda juga akan mendapatkan natrium.

Keju olahan

Keju olahan merupakan salah satu makanan yang mengandung tinggi garam. Hanya satu kotak keju cheddar mengandung sekira 106mg sodium. []

Related posts