Arkeolog Aceh: Dari 400 makam di Lamuri hanya sebagian yang utuh

Arkeolog Aceh: Dari 400 makam di Lamuri hanya sebagian yang utuh
Ilustrasi - Batu nisan kuno yang ada di makam Gampong Pande, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Jantho (KANALACEH.COM) – Arkeolog Aceh sekaligus ketua tim ekskavasi penelitian situs Lamuri dari Aceh, Dr Husaini Ibrahim mengatakan dari 400 lebih makam (nisan) yang telah didata hanya sebagian makam yang masih terbilang utuh dengan ditandai adanya tulisan di makam itu sendiri.

“Hanya puluhan nisan yang ada tulisan dan bisa dibaca, tapi sangat disayangkan ketika bacaan angka tahun itu sudah banyak yang hilang, sedangkan yang lain itu lengkap seperti ayat Alquran ini kebanyakan yang ada di tulisan-tulisan tertera di nisan dikawasan ini (Lamuri),” kata Husaini disela-sela penelitian di Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya , Kabupaten Aceh Besar, Selasa (13/3).

Selain itu, kata Husaini, nisan yang ditemukan di kawasan Lamuri banyak terdapat lukisan-lukisan seni yang sangat kuat nilainya.

“Tentu ada maksud-maksud tertentu, termasuk iramanya yang berkaitan dengan laut yang sangat dekat disini (Lamuri),” ungkapnya.

Baca: Pecahan keramik, bukti dulunya ada pusat perdagangan di Kawasan Lamreh

Husaini juga mengungkapkan makam-makan yang ditemukan di kawasan Lamuri kebanyakan merupaka ulama-ulama sufi pada masa dulu. Kata dia, sejauh ini dari penemuan dan hasil pembacaan dari makam itu sendiri banyak ditemukan ialah tahta yang atas seperti Malik Zainal Abidin, kemudian Qazi yang bekerja di Pemerintahan Kerajaan Lamuri.

“Jadi memang lengkaplah hasil dari penemuan batu nisan yang ada menunjukan adanya sebagai petinggi kerajaan, ada ulama, sultan berserta kerabat raja,” tuturnya.

Namun, lanjut Husaini, dirinya bersama peneliti dari Malaysia masih mencari bukti lainnya termasuk kalangan masyarakat saat Kerajaan Lamuri memerintah dulunya.

“Tahta atau lapisan bahwa belum kita temukan dan terus kita lakukan penelitian dan pencarian fakta-fakta yang baru,” pungkasnya.

Ia menyebutkan hingga saat ini situs kerajaan Lamuri yang berada dikawasan Lamreh sudah dilakukan pendataan sejak 2014 lalu memiliki lebih dari 400 makam. “Kita sudah juga melakukan zonasi dikawasan ini, seperti zona inti, perkembangan dan zona yang lain sudah dibuat,” sebutnya.

Baca: Pembangunan pusat penelitian Arkeologi Islam di Lamreh menunggu hasil akhir

Husaini berharap kedepan mesti adanya bantuan dari semua pihak untuk upaya penyelamatan terhadap situs Lamuri itu sendiri.

“Seperti Unysiah, USM, BPCB, Disbudpar dan pihak terkait lainnya agar terus bersama-sama menyelamatkan situs ini,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts