47 Gampong ikuti Pilkades serentak di Langsa

Langsa (KANALACEH.COM) – Pemilihan Keuchik serentak tahun 2018  di Kota Langsa diawali dengan 47 Gampong yang melaksanakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Keuchik), dan ditandai dengan penyerahan SK PLT dan PJ Keuchik oleh Wakil Walikota Langsa di Aula Gedung BPMD, Senin (26/3).

Penyerahan 47 SK Pelaksana Tugas dan Pejabat Keuchik ini menyusul kesertaan para Keuchik difinitif dan yang tidak mencalon Keuchik se Kota Langsa pada Pemilihan Kepala Desa/Keuchik (Pilkades) secara serentak ditahun 2018.

Penerbitan SK Pelaksana Tugas dan Pejabat Keuchik itu setelah memenuhi sejumlah aturan sesuai aturan Permendagri dan Qanun Aceh.

Menurut Wakil Walikota Langsa, Marzuki  Hamid, keberadaan Plt dan Pejabat Keuchik, yang berperan untuk mengisi kekosongan sehingga pemerintahan desa tetap berjalan serta selanjutnya dapat mensukseskan pelaksanaan Pilkades di masing-masing Gampong.

Sementara Penunjukkan Plt salah satunya untuk melaksanakan tugas dan kewenangan kepala desa selama dua bulan, karena Geuchik difinitif cuti untuk ikut kontestasi Pilkades.

Sebelumnya, Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) Kota Langsa, Al Azmi melaporkan, dari 66 Gampong se Kota Langsa dalam Pilkades serentak 2018 dan 2020, untuk tahun 2018 sebanyak 47 Gampong yang mengikuti Pilkades dan untuk tahun 2020 sebanyak 19 Gampong.

Dari 47 Gampong yang melaksanakan Pilkades, 29 orang Keuchik difinitif kembali mencalonkan diri mengikuti Pilkades sedang 18 orang Keuchik tidak ikut karena sudah dua periode. [Erza]

Related posts