Disinggahi kapal MS. Seabourn, Sabang optimis jadi magnet Cruise Dunia

Ilustrasi.

Sabang (KANALACEH.COM) – Kapal Pesiar wisata MS. Seabourn Encore berbendera Bahamas/Nasau dijadwalkan akan singgah di Sabang selama 12 jam di Pelabuhan Teluk Sabang.

Kapal pesiar yang dinahkodai oleh Capt. Bathgate David itu, tiba di Sabang pada Selasa (27/3).  Setelah menempuh perjalanan dari Phuket, Thailand dengan mengangkut 975 orang yang terdiri dari 552 Penumpang dan 423 Kru kapal.

Rencananya Kapal tersebut akan sandar di Dermaga Container Terminal (CT) 3 yang berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang, kapal itu akan disambut dengan serimoni penyambutan seperti tarian adat Aceh sebagai wujud penghormatan kepada tamu.

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Sayid Fadhil mengatakan, BPKS akan memberikan pelayanan yang maksimal dalam proses penyambutan cruise. Seperti, welcoming dance dan tradisional perfromance lainnya dan pada di ring-2 Dinas Pariwisata Provinsi Aceh akan menempatkan bazar untuk masyarakat menjual soufenir, kuliner, dan lain lian.

“BPKS sendiri akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada operator cruise, sehingga mereka akan merasa aman dan nyaman saat singgah di Kota Sabang,” kata Sayid saat dikonfirmasi waratwan, Senin, 26 Maret 2018.

Sayid mengaku melibatkan banyak pihak untuk melakukan pelayanan terhadap wisatawan. Seperti melibatkan travel agent, organda, pihak kemananan dan pihak terkait lainya untuk dapat menciptakan kesan nyaman.

“Kita optimis bahwa Sabang bakal menjadi magnet kapal-kapal cruise dunia, apalagi tahun ini dijadwalkan ada tujuh Cruise yang telah mengangendakan untuk berkunjung ke Kota Sabang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan, Zulkarnaini Abdulah menerangkan, Kapal Pesiar MS. Seabourn Encore baru pertama sekali singga di Kota Sabang. Kapal ini memiliki panjang 179.76 meter dengan lebar 27,9 Meter dan memiliki bobot 41.865 Gross Register Tonnage (GRT).

“Sebelumnya kapal ini berlayar dari Phuket Thailand, dan setelah singgah di Kota Sabang, mereka akan melanjutkan pelayaran ke Colombo,” ujarnya.

Diketahui, pada tahun 2018, pihaknya sudah mengkonfirmasi sebanyak tujuh kapal yakni  MS.Seabourn Encore, MS.Silver Discovery, MS.Europe 2, MS. Marella Discovery, MS.Seabourn Ovation, dan kapal islamic cruise MV.Costa Victoria. [Randi]

Related posts