Dewan Abdya mulai rekrutmen anggota KIP

Blangpidie ( KANALACEH.COM )– Komisi A DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melakukan tahapan rekrutmen anggota Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) periode 2018-2023.

Langkah pertama yang dilakukan merekrut Panitia Seleksi (Pansel) Penjaringan dan Penyaringan Calon Anggota KIP Kabupaten Abdya.

Ketua Komisi A DPRK Abdya, Nurdianto mengatakan pendaftaran Pansel itu dibuka selama lima hari,mulai tanggal 9 hingga 13 April 2018.

“Bagi yang berminat, ada beberapa persyaratannya, pertama WNI, usia paling rendah 30 tahun,” kata Ketua Komisi A DPRK Abdya, Nurdianto, Selasa (3/4).

Selain itu, syarat menjadi pansel adalah pendidikan paling rendah Strata 1 (S-1), bersedia tidak menjadi calon Anggota KIP Abdya, dan tidak pernah menjadi anggota Partai Politik, Partai Politik Nasional dan Lokal yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah.

“Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan, yang telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih,” sebutnya.

Ditambahkan, calon Pansel tidak sedang menjadi tersangka, terdakwa atau terhukum, dan mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil.

“Bagi PNS, harus melampirkan surat izin dari atasan,” sebut politisi Demokrat ini. [Jimi Pratama]

Related posts