Yahnan dukung Pemko Sabang bongkar kawasan kumuh

Sabang (KANALACEH.COM) – Revitalisasi sebuah kawasan diketahui bukan saja mencakup perbaikan aspek fisik, aspek ekonomi dan aspek sosial. Tapi revitalisasi juga kerap kepada pembongkaran  yang selama ini memberi kesan kumuh serta berdampak pada keindahan kota.

Hal itu dikatakan Ketua Forum Keuchik Kota Sabang Adnan Hasyim, saat dimintai tanggapan terkait Revitalisasi kawasan jalan Malahayati Perdagangan Sabang, Kamis (03/05).

“Setiap melakukan penataan pada suatu kawasan, yang tujuannya untuk mengindahkan dan menghilangkan kesan kumuh, agar semua pihak untuk mendukung rencana Pemerintah Kota Sabang dalam melakukan revitalisasi sejumlah kawasan perkotaan,” sebutnya.

Sehingga, kata dia, dibutuhkan perubahan dalam melakukan penataan kawasan. Untuk bisa memberikan perubahan rasa nyaman dan amam dalam menarik para wisatawan yang datang berkunjung.

Ia juga meminta masyarakat harus mengerti dan bisa memahami tujuan dari revitalisasi yang dilakukan Pemerintah Daerah, Kota Sabang. Saat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal bukan saja di tingkat Nasional tapi juga sudah Internasional.

“Jadi jangan pernah ada pihak-pihak yang sengaja mempolitisir keadaan dengan maksud memprovokasi tanpa terlebih dahulu melakukan kroscek, atau mencari tahu dulu yang sebenarnya,” kata orang yang akrab disapa Yahnan.

Menurutnya, ada beberapa tempat dilakukan pembongkaran yang sifatnya sementara hanya untuk direnovasi. Setelah itu akan dikembalikan lagi kepada pemiliknya, dan ini khusus bagi pemilik yang sudah memiliki sertifikat.

Sementara terhadap para pedagang liar yang tempat lapaknya dibongkar akan direlokasikan ke tempat lapak baru yang sudah disediakan oleh Pemerintah daerah, dan dipusatkan di gedung baru Pasar Sore, Gampong Kuta Barat.

Ia berpendapat, yang menjadi persoalan saat ini adalah terhadap warga luar Sabang atau para pendatang. Kata dia, mereka menggunakan lahan kosong tanpa meminta izin.

Apalagi disepanjang jalan Malahayati, tepatnya di depan Kantor Adpel terus bermunculan lapak kumuh. “Jadi wajar saja kalau sekarang ini lapak-lapak tersebut dibongkar untuk dilakukan revitalisasi, program Inilah yang harus kita dukung,” ujarnya.

Pada prinsipnya Ia bersama pra Keuchik se Kota Sabang sangat mendukung apa yang telah diprogramkan Pemerintah daerah terhadap revitalisasi ini. Agar kedepannya bisa menjadikan Kota Sabang ke arah lebih baik lagi. [DA]

Related posts