6 tradisi unik jelang Ramadan yang cuma ada di Indonesia

Meugang di Aceh. (Antarafoto.com)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Ramadan hanya tinggal menghitung hari, semua umat Muslim di seluruh dunia telah menantikan bulan yang penuh berkah ini. Tak sedikit yang memiliki berbagai tradisi yang hanya dilakukan menjelang Ramadan.

Di Indonesia, beberapa daerah memiliki tradisi unik untuk menyambut Ramadan. Berikut ini lima tradisi unik dari berbagai daerah di Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Megibung

Meski mayoritas dihuni oleh umat Hindu, ternyata umat Muslim di Bali juga memiliki tradisi unik menjelang puasa. Megibung berasal dari kata ‘gibung‘, yang berarti kegiatan makan bersama diselingi obrolan ringan.

Ads

Makanan yang disajikan terdiri dari nasi dan lauk pauk, seperti ayam bakar, ikan asin, sate lilit Bali, tahu dan tempe akan diletakkan di atas lembaran daun pisang yang dijejer panjang.

2. Nyorog

Masyarakat Betawi punya tradisi unik jelang Ramadan yang diberi nama Nyorog. Nyorog adalah kegiatan membagikan bingkisan yang biasanya berisi sembako ke anggota keluarga atau tetangga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Tradisi ini umumnya dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada yang lebih tua dengan tujuan meminta restu agar ibadah puasa mereka lancar.

3. Nyadran

Ziarah ke kuburan leluhur atau orang tua biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa. Selain membersihkan makam dan menaburkan bunga, mereka juga melakukan selamatan atau kenduri di makam leluhur. Nyadran sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Sraddha yang berarti keyakinan.

4. Dugderan

Tradisi masyarakat Semarang ini berlangsung sejak abad ke-19. Bentuknya seperti pesta rakyat yang sangat meriah, ada tarian Japin, arak-arakan atau karnaval sampai tabuh bedug.

Tradisi yang mirip seperti ini juga ada di daerah Jepara, Gebyar Ki Aji Tunggal adalah arak-arakan yang rutin dilakukan sebelum memasuki bulan puasa.

5. Balimau

Tradisi dari Minangkabau, Sumatra Barat ini adalah kegiatan mandi memakai air bercampur limau atau jeruk nipis dan kadang ditambahkan ramuan alami dengan aroma wangi, yang dilakukan di kawasan dengan aliran sungai atau tempat pemandian.

Dilatarbelakangi keinginan untuk membersihkan diri lahir dan batin sebelum bulan Ramadan, tradisi ini mirip tradisi Padusan yang ada di Boyolali, Jawa Tengah.

6. Makmeugang

Menjelang Ramadan, masyarakat di Aceh punya tradisi yang dinamakan Meugang. Meugang pada dasarnya merupakan rangkaian aktivitas dari membeli, mengolah dan menyantap daging sapi selama dua hari menjelang bulan puasa.

Aktivitas makan daging pun menjadi simbol bahwa menu santap mewah itu bisa dinikmati semua orang dalam menyambut hari-hari besar Islam. Hal itu dilakukan tanpa melihat status ataupun golongan. Masyarakat Aceh juga akan mengolah daging tersebut dengan beberapa masakan khas Aceh. [Viva.co.id]