Berkenalan dengan Siska Andesti asal Banda Aceh, wakili Indonesia diajang WSC Rusia

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Siska Andesti, pelajar SMK Negeri 1 Banda Aceh, Provinsi Aceh menjuarai bidang lomba Tourist Industry (TI) pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Kompetisi itu berlangsung sejak 6 hingga 12 Mei 2018 di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Atas prestasi tersebut, Siska akan mewakili Indonesia di ajang Word Skill Competition (WSC) yang akan dihelat tahun 2019 mendatang, di Rusia.

Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin, mengatakan, Siska akan mewakili Indonesia pada ajang Word Skill Competition (WSC) bersama sejumlah peserta lainnya yang berhasil menjuarai mata lomba di LKS Nasional 2018.

“Siska berhasil merebut juara bidang lomba Tourist Industry (TI) di LKS tingkat Nasional di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Tentunya, ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua atas prestasi yang diukir Siska Andesti. Peserta didik kita ini akan berangkat bersama sejumlah sang juara LKS Nasional lainnya,” ujar T.Miftahuddin, Kamis (17/05) di Banda Aceh.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pembimbing yang telah berhasil mengantarkan Siska Andesti ke ajang Word Skill Competition (WSC) tahun 2019 mendatang di Rusia, Nurkhamisah, M.Ed yang tak lain adalah guru di sekolah Siska mengenyam pendidikan.

“Ini perlu kita apresiasi atas prestasi yang telah diraih anak didik kita. Apalagi, untuk melaju ke event tingkat Internasional di Rusia harus bersaing dengan 33 Provinsi yang ada di tanah air,” katanya mengapresiasi.

Menurutnya, prestasi yang ditoreh Siska Andesti sekaligus menjadi penyemangat bagi dunia pendidikan di Aceh. Apalagi Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Irwandi-Nova, mempunyai program unggulan Aceh Carong (Aceh Pintar).

“Sehingga, ke depan Aceh semakin diperhitungkan diberbagai tingkat event yang diselenggarakan secara nasional maupun Internasional. Aceh benar-benar akan hebat,” tuturnya.

“Dengan prestasi ini mari kita tingkatkan lagi belajar, dunia pendidikan Aceh harus terus bangkit dan bersaing dengan berbagai provinsi yang ada se tanah air di Indonesia maupun tingkat Internasional, SMK harus bisa, Aceh hebat,” sambungnya.

Selain Siska Andesti, lanjutnya lagi, siswa bimbingan Rajudin, S.ST, guru SMK Negeri 2 Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Mahmuda Husna meraih juara III pada lomba Refrigeration and Air Conditioning .

Ia menyebutkan, selain meraih dua medali pada LKS Nasional, sejumlah peserta LKS dari provinsi Aceh masuk dalam kategori memperoleh nilai terbaik, yang mana ada 20 peserta memperoleh nilai Medali of Exelence (MfE).

Sebagaimana diketahui, pada malam penutupan LKS Nasional yang berlangsung di Lombok City Center (LCC), Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI, Hamid Muhammad, menyebutkan bahwa para juara perbaik tahun ini akan mendapat kesempatan dan dipersiapkan untuk ikut pada ajang Word Skill Competition (WSC) 2019 di Rusia. [Aidan Keumala]

Related posts