Bupati Aceh Timur Lepas 400 Santri ke 24 Kecamatan

IDI – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, melepas 400 santri yang tergabung dalam Ikatan Santri Aceh Timur (ISAT) ke 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Jumat (18/5). Pelepasan dipusatkan di Masjid Agung Darussalihin Idi, Kabupaten Aceh Timur.

Hadir antara lain sejumlah pendiri dan pembina ISAT seperti Tgk. H. Muhibuddin (Waled Muhib), Tgk. Asnawi (Ayah Wi) dan Tgk. Muhammad Alue Lhok (Waled Muhammad) serta sejumlah pemuka agama lainnya.

Pembina ISAT, Tgk. Muhammad Alue Lhok dalam laporannya, menyebutkan, ratusan santri tersebut akan ditempat ke seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur. “Tapi tidak menyeluruh disemua desa, karena hanya desa-desa tertentu sesuai kebutuhan berdasarkan pemetaan yang dilakukan pihaknya, seperti Desa Tampor Paloh di Kecamatan Simpang Jernih,” katanya.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib dalam arahannya mengajak seluruh santri yang tergabung dalam ISAT segera menyesuaikan diri ditempat tugasnya masing-masing, baik didaerah pesisir atau daerah pedalaman Aceh Timur. “Keberadaan para santri dalam safari ramadhan ini kami harap dapat membantu umat dibidang keagamaan yang dapat membawa manfaat,” katanya.

Jika dibutuhkan menjadi iman, muazin, bilal tarawih ataupun imam shalat rawatib, maka sudah seharusnya para santri untuk dijalankan. “Berbagai persediaan yang ada di desa seperti tempat tidur, makanan berbuka puasa dan sahur, maka itu anggaplah yang terbaik, karena misi para santri di desa ini adalah jihad untuk membawa kebenaran agama,” ujar bupati. (RIL)

Related posts