Kadinkes Banda Aceh: konsumsi makanan mengandung formalin bisa kena kanker

Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, Warqah helmi. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Warqah Helmi mengingatkan bahwa sering mengkonsumsi makanan berbahan borak dapat mengakibatkan kanker. Saat dimakan, lanjut Warqah, terjadi pengumpulan yang terus menerus. Ini efeknya akan terjadi enam bulan kedepan.

Kata dia, makanan berformalin memiliki efek yang sangat buruk bagi tubuh. Ia mencontohkan, dalam jangka pendek saja bisa menimbulkan rasa tidak enak pada perut.

Baca: BBPOM uji bahan makanan takjil di Banda Aceh

“Untuk jangka panjang bisa berujung pada kanker,” katanya usai menguji sampel makanan yang dijual oleh pedagang takjil di Lampaseh, Banda Aceh, Jumat (18/5).

Untuk itu masyarakat harus cerdas dalam memilih makanan saat berbuka puasa, dan jangan hanya melihat dari sisi warna dan bentuk makanannya saja, tetapi harus mengetahui apakah bahan makanan tersebut bercampur formalin atau bahan pengawet lainnya atau tidak.

Baca: Ada 6 sampel makanan diduga mengandung borak di Banda Aceh

“Biasanya bahan pewarna makanan yang digunakan yaitu bahan pewarna tekstil sangat berbahaya bagi tubuh,” ucapnya.

Bagi penjual pihaknya sudah sering mengingatkan agar tidak mencampur bahan makanan yang berbahaya.

Sebelumnya, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menggelar uji sampel makanan dilokasi pedagang takjil di Kota Banda Aceh.

Pihak BBPOM Aceh melakukan uji sampel yang diduga mengandung borak, seperti makanan mi, cendol dan makanan lainnya, yang dijual menjelang berbuka puasa.

Kepala BBPOM Aceh, Zulkifli mengatakan, ada sekitar 22 sampel makanan yang diuji. Makanan itu berasal dari kawasan Lampaseh,  Banda Aceh. Kemudian, selanjutnya pihaknya akan tetap rutin mengelar uji sampel makanan di setiap lokasi takjil.

“Ada 22 sampel yang berpotensi mengandung borak, kebanyakan itu mi, kita uji sampelnya dan minuman seperti cendol juga kita ambil sampelnya,” katanya. [Randi]

Related posts