Cegah penyelundupan barang illegal, TNI AL patroli di perbatasan Aceh

--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) — Prajurit TNI AL dari Lanal Sabang menggelar patroli diperairan perbatasan antara Aceh dengan luar negeri. Kegiatan ini untuk mencegah penyelundupan sembako illegal dan barang haram lainnnya dari Thailand atau pun Malaysia.

Patroli yang dipimpin Komandan lanal Sabang kolonel laut (P) Edi Haryanto berlangsung dengan menggunakan KAL Simeulu II.1.26 Lanal Sabang. Dalam patroli tersebut, prajurit TNI juga melakukan penertiba untuk kapal-kapal yang tidak memiliki dokumen lengkap.

Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, mengatakan, operasi yang digelar pihaknya merupakan kegiatan rutin dengan tujuan memberikan rasa aman kepada pengguna laut. Selain itu juga sekaligus pembinaan serta penertiban dokumen bagi kapal yang tidak memiliki izin atau pun izinnya sudah berakhir.

Ads
loading...

“Fokus patroli kali ini untuk mengantisipasi penyelundupan sembako atau barang barang lain dari laut menuju Sabang ataupun Aceh pada umumnya,” kata Edi dalam rilis kepada kanalaceh.com, Senin (21/5/2018).

Selama patroli berlangsung, KAL Simeulue memeriksa kapal-kapal yang melintas di teluk Benggala, Aceh. Perairan Tanah Rencong memang berbatasan dengan Thailand dan Malaysia.

“Sebagaimana diketahui Aceh ini berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia yang rentan dilakukan penyeludupan oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan melanggar Undang-undang yang berlaku di NKRI,” jelas Edi. (Aidan)

Ads