Pahlawan perempuan dari Aceh ‘Keumalahayati’ dibuat komik

viva

Jakarta (KANALACEH.COM) – Artis Marcella Zalianty menjelaskan alasannya memproduseri dan menggagas peluncuran komik ‘Keumalahayati‘, yang digarap bersama timnya dan diterbitkan oleh Gramedia.

Menurutnya, sosok Keumalahayati merupakan sosok pahlawan perempuan yang sejarah kehebatannya tidak kalah, jika dibandingkan dengan karakter superhero wanita ala-ala Hollywood.

Selain itu, sosok perempuan pejuang asal Aceh itu juga merupakan salah satu simbol kemaritiman bagi Indonesia, sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia.

“Saya terinspirasi bahwa kalau di Amerika ada Wonder Women, jadi kita juga punya nih tokoh sejarah yang bisa kita kemas secara kreatif dan jadi simbol kemaritiman saat ini. Karena, Indonesia kan juga sebagai negara maritim terkuat,” kata Marcella seperti dilansir laman VIVA.co.id, Senin (21/5).

Mengenai pemilihan sosok Keumalahayati, sebagai sosok pahlawan nasional yang sejarah hidupnya dibuatkan komik, Marcella mengaku melihat karakter perempuan yang sangat hebat di dalam pribadi pahlawan yang satu itu.

“Malahayati merupakan simbol di mana perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri,” katanya.

Saat ditanya, kenapa memilih komik sebagai medium untuk mengangkat sejarah hidup seorang Keumalahayati, Marcella beralasan bahwa komik merupakan medium yang dianggap cukup general.

Sebab, format komik sebagai medium untuk menceritakan sejarah hidup seorang pahlawan, dinilai akan mampu masuk ke segala rentang usia dan akan disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

“Saya sedih melihat generasi saat ini, banyak yang tidak tahu tentang sosok Malahayati ini. Jadi penting saya kira untuk memulai memperkenalkannya dari komik, yang bisa masuk ke berbagai rentang usia dan kalangan,” tuturnya. [Randi]

Komentar Facebook
Ads