KPPU sidak pasar di Banda Aceh, harga daging dan sembako stabil

Kepala KPPU wilayah regional Sumatera - Aceh, Ramli Simanjuntak saat melakukan sidak di pasar Peunayoug, Banda Aceh, Senin (28/5). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan sidak di sejumlah pasar di Banda Aceh, untuk memastikan tidak ada kenaikan harga sembako yang naik.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi adanya lonjakan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kepala KPPU wilayah regional Sumatera-Aceh, Ramli Simanjutak mengatakan, pihaknya memastikan lebih awal harga kebutuhan pokok guna melihat perbedaan harga dengan daerah lain.

Dari hasil sidak di pasar Peunayong, kata dia, sejumlah harga kebutuhan pokok masih relatif stabil. Tak ada kenaikan yang signifikan. Ia mencontohkan seperti harga daging yang sudah mulai normal, dengan kisaran harga Rp 120 ribu perkilo.

Sementara harga bawang, beras juga normal. Untuk harga ayam turun, dikasaran Rp 45 ribu per ekor. “Jadi kita memastikan pasokan ada, harga juga harga yang masih dijangkau oleh masyarakat dan relatif stabil,” kata Kepala KPPU wilayah regional Sumatera – Aceh, Ramli Simanjuntak usai sidak di Pasar Peunayoung, Senin (28/5).

Dari hasil sidak tersebut KPPU beralasan bahwa tidak ada alasan pedagang untuk menaikkan harga jelang lebaran atau semasa bulan ramadan Tahun ini. Karena, stok bahan sembako dan daging masih terpenuhi di pasaran.

“Harga dipasaran masih stabil, stok juga ada, jadi pedagang tidak perlu  menaikkan harga-harga,” sebutnya. [Randi]

Related posts