Kepulauan Banyak jadi target wisatawan di musim libur

seorang wisatawan berenang di Pulau Tailana, Kepulauan Banyak. (Foto: @pulaubanyaktrip)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kepulauan Banyak masih jadi tujuan para wisatawan dikala musim libur tiba. Itu ditandai dengan berbondongnya wisatawan dari mancanegara maupun domestik yang berkunjung ke Pulau yang berjumlah sekitar 67 tersebut.

Kurun 10 hari terakhir, sekitar 4.000 wisatawan memadati pulau banyak. Mereka, memadati Kepulauan Banyak sejak – 2 lebaran hingga satu pekan paska lebaran. Umumnya mereka hanya menghabiskan waktu di Kepulauan Banyak 3 sampai 4 hari. Untuk menikmati eksotisnya wisata bahari di sana.

Baca: Pulau Banyak dipadati wisatawan

Ads

Baca: Eksotisme Pulau Banyak dari atas mercusuar

Pantauan kanalaceh.com, setiap angkutan pelayaran selalu penuh untuk mengangkut wisatawan, mulai dari kapal Ferry Teluk Singkil yang beroperasi 2 kali seminggu, hingga boat (Kapal) kayu tradisional milik warga yang setiap hari selalu beroperasi.

Angkutan laut itu siap mengantar wisatawan untuk singgah di Kecamatan Pulau Banyak atau Pulau Banyak Barat, sebelum memilih destinasi pulau yang ingin dikunjungi wisatawan. Salah seorang pegiat wisata di Aceh Singkil, Hardy D’carlo mengatakan, Kepulauan Banyak memiliki keindahan wisata bahari yang cukup komplit.

Baca: Menikmati lobster murah di Pulau Banyak

“Semua ada disana, mau surfing ada, snorkeling, menikmati pantai di pulau tak berpenghuni juga ada, kuliner lautnya juga segar. Jika pertama kesana, mereka pasti akan ingin balik lagi,” kata Hardy saat berbincang dengan kanalaceh.com, Sabtu (23/6).

Bahkan kata dia, ada wisatawan yang sudah berkali-kali ke Kepulauan Banyak, karena merasa belum puas untuk mengeksplorasi keindahan di setiap pulau di kepulauan Banyak. Sehingga, wisatawan tersebut hampir setiap liburan, memilih destinasi itu untuk menjelajahi pulua-pulau indah di sana.

Diketahui, dari data setiap pemilik travel kunjungan ke Kepulauan Banyak, dari 67 Pulau, ada sekitar 10 Pulau yang yang wajib dikunjungi, yaitu Pulau Tailana, Sikandang, Pulau Rangit kecil, Palambak, Asok, Pulau Panjang, Pulau Lamun, Lambudung, Bangkaru, Ujung Lolok, Pulau Malelo. Bahkan, pengunjung bisa meminta untuk berkunjung ke pulau lainnya.

Pulau-pulau tersebut tentunya memiliki keunikan tersesndiri, mulai dari pemandangannya bawah lautnya hingga view pulaunya yang cukup indah dan airnya yang jernih seperti kolam renang. Pengunjung juga bisa berselancar di Pulau Bangkaru dan Ujung lolok untuk menikmati ganasnya ombak di Pulau tersebut.

Pengunjung juga tak perlu khawatir, persedian alat snorkeling dan sebagainya sudah ada di setiap agen travel yang menjajakan trip-trip ke pulau tersebut. Sehingga segala kebutuhannya bisa lebih mudah diakses. [Randi]

Ads