Kegiatan yang tidak disadari yang bisa membuat lelah seharian

Ilustrasi.
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Ketika bangun dari tidur, Anda tentu ingin merasa segar kembali untuk menjalani aktivitas namun hal itu jarang terjadi. Banyak yang justru ketika bangun tidur malah merasa lelah.

Sebenarnya hal ini disebabkan karena ada beberapa kegiatan yang kita lakukan dan mungkin tidak disadari bisa menimbulkan rasa lelah yang dirasakan sepanjang hari. Dilansir dari Okezone.com, Jumat (30/11) berikut kegiatan yang tanpa disadari bisa menimbulkan rasa lelah.

Menghabiskan 20 menit tambahan di tempat tidur

Ads

Banyak menghabiskan waktu tambahan di tempat tidur seperti bermain hp bisa menjadi salah satu pemicu rasa lelah yang Anda rasakan. Hal yang lebih buruk lagi adalah ketika anda tertidur kembali.

Jika, Anda tertidur kembali selama 10 menit itu bisa berubah menjadi satu jam dan ketika bangun hal itu dapat membuat Anda lebih lelah sepanjang hari daripada seseorang yang kurang tidur. Intinya ketika Anda bangun ya harus bangun.

Kurang Minum

Saat tidur, tubuh terus menyerap air yang Anda minum sepanjang hari. Idealnya sekitar 8 jam harus mengisi ulang persediaan air di dalam tubuh. Jika Anda tidak merehidrasi air yang ada di dalam tubuh maka tingkat energi Anda akan berkurang.

Penelitian dari Laboratorium Kinerja Manusia Universitas Connecticut menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat membuat lelah dan mudah tersinggung. Jadi jangan lupa untuk minum, agar tidak kehilangan energi.

Mandi air panas dan beruap mungkin dapat mengendurkan otot-otot, menghilangkan stres, dan membuat tertidur lelap. Tetapi, sebenarnya menurut Dr Raj Dasgupta, seorang anggota dari the American Academy of Sleep Medicine, itu justru sebaliknya.

“Mandi air panas di malam hari seperti berolahraga di malam hari,” kata Dr Raj Dasgupta.

Justru mandi air dingin dapat meningkatkan mood pada orang yang sedang depresi atau stress dan dapat mengurangi kelelahan.

Olahraga setelah bekerja

Lari atau olahraga lain akan membuat Anda merasa lebih berenergi seiring berjalannya hari. Olahraga apa pun akan membuat tubuh berkeringat, dan menghasilkan banyak endorphin sekaligus memberikan oksigen dan nutrisi ke tubuh. Hal inilah yang akan memberi lebih banyak energi sepanjang hari. Namun, berolahraga setelah bekerja akan membuat rasa lelah karena bekerja juga menguras energi. Sehingga disarankan untuk tidak berolahraga sehabis bekerja.

Menghabiskan banyak waktu di depan komputer

Sinar biru atau blue light yang terpancar dari layar komputer atau laptop dapat mengurangi kadar hormon melatonin yang memengaruhi tidur dan akan membuat tubuh merasa lelah. Hormon melatonin sangat mempengaruhi dan mampu mengendalikan kegiatan manusia.

Untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh Anda perlu matahari. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kekurangan vitamin D karena terus berada di dalam ruangan lebih cenderung memiliki sindrom kelelahan kronis dan akan mengurangi tingkat energi mereka kembali normal.

Terkena matahari akan meningkatkan energi dengan cepat, dan dengan mengonsumsi suplemen vitamin D juga akan membantu energi tubuh tetap terjaga. []