Ikatan Da’i Aceh kirim undangan pada Capres/Cawapres untuk uji tes baca Quran

(Photo: islamidia.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ikatan DA’I Aceh meminta agar calon presiden yang akan maju di Pilpres 2019 mendatang melakukan tes uji baca Alquran.

Ketua Ikatan Da’I Aceh, Tgk Marsyuddin Ishaq mengatakan, pihaknya sebagai organisasi yang mengkhususkan diri pada pengembangan dakwah dan syiar Islam hendak turut serta mengambil peran dalam pesta demokrasi kali ini.

Peran tersebut diantaranya berupaya memberikan pendidikan politik kepada rakyat, khususnya yang beragama Islam, soal kapabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam memanifestasikan nilai-nilai keislaman dan keimanan.

“Dalam kacamata kami, sekurang-kurangnya dapat membaca dengan baik ayat-ayat suci Al-Quran. Kami memandang perlu dan mendesak supaya diadakannya suatu forum untuk tes uji kemampuan baca al-Quran terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden,” katanya dalam pesan tertulis yang dikirimkan, Sabtu (29/12).

Hal itu merujuk pada apa yang telah diterapkan selama bertahun-tahun kepada setiap pasangan calon pemimpin di Aceh, baik legislatif maupun eksekutif.

Ikatan Da’i Aceh, akan menyelenggarakan tes uji kemampuan baca al-Quran terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Sehubungan dengan itu, pihaknya akan mengundang masing-masing calon/wakil presiden untuk mengikuti tes baca Alquran.

“Kami akan mengirim surat undangan secara resmi yang ditujukan kepada alamat masing-masing calon presiden dan wakil presiden, untuk mengikuti tes uji kemampuan baca al-Quran,” ujarnya.

Menurutnya, tes baca Al-Quran ini juga untuk mengakhiri polemik tentang siapa calon capres dan cawapres yang paling menguasai dan memahami baca tulis al-Quran.

“Tes uji kemampuan baca Al-Quran bagi capres-cawapres ini akan diselenggarakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada tanggal 15 Januari 2019,” katanya. [Randi/rel]

Related posts