Kapal dagang Aceh diberangkatkan ke India

Ekspor lewat pelabuhan Aceh meningkat 12,68 persen
Ilustrasi. (suaracargo.com)
--Ads--

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kapal dagang yang membawa beberapa contoh produk dan komoditas hasil alam di Provinsi Aceh diberangkatkan menuju Kepulauan Andaman Nikobar, India.

Kapal yang membawa misi dagang pengusaha Aceh tersebut diberangkatkan secara simbolis dari Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (29/12).

Seremoni pemberangkatan kapal dagang tersebut dilakukan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri RI Siswono Pramono.

Ads

Turut dalam pelepasan kapal itu Konsul Jenderal India di Medan, Shalia Shah, pejabat Perintah Aceh serta pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Aceh.

Kepala BPPK Kementerian Luar Negeri RI Siswono Pramono mengatakan, pemberangkatan kapal dagang tersebut merupakan implementasi kerja sama maritim Indonesia dan India?

“Pemberangkatan kapal ini membangun konektivitas Indonesia, khususnya Aceh dengan Kepulauan Andaman di bidang perdagangan,” kata Siswono Pramono seperti dilansir laman Antara.

Sebelum kapal diberangkatkan, Kementerian Luar Negeri telah melaksanakan kajian awal dan berbagai pertemuan menindaklanjuti kerja sama maritim tersebut.

Berbagai pertemuan pendahuluan juga telah dilaksanakan sejumlah pemangku kepentingan. Termasuk dengan kalangan pengusaha Aceh dan Kepulauan Andaman Nikobar.

“Kami berharap kerja sama Indonesia dan India melalui Aceh dan Kepulauan Andaman Nikobar terealisasi sesuai harapan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian kedua negara,” kata Siswono Pramono. []

Ads