Kembangkan BUMG, Pemkab Aceh Utara jalin kerjasama dengan BRI

(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan Bank BRI Kanwil Provinsi Aceh meneguhkan komitmen kerjasama untuk membantu unit usaha Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama Kecamatan Nisam, khususnya dalam pengembangan usaha pertanian padi IF-8.

Komitmen tersebut diungkapkan masing-masing pihak dalam pertemuan di ruang kerja Bupati Aceh Utara, Kamis (24/1).

Pimpinan BUMG Bersama Kecamatan Nisam Tgk Munirwan SHI mengatakan BUMG tersebut terbentuk atas kerjasama enam gampong di kecamatan itu.

“Saat ini telah terkumpul modal kerja swadaya senilai Rp 1,2 miliar, namun untuk bisa beroperasional penuh pihaknya membutuhkan modal kerja sekitar Rp 5,6 miliar,’ katanya.

Menurutnya, BUMG tersebut dibentuk untuk mengelola objek usaha potensial di bidang pertanian padi varietas IF-8, yang selama ini telah menunjukkan hasil yang sangat prospek bagi pengembangan ekonomi masyarakat.

Pihaknya ingin mengembangkan padi varietas tersebut ke seluruh wilayah Aceh Utara, bahkan juga ke daerah-daerah lain, sesuai dengan arahan dari Bupati Aceh Utara.

BUMG ini, kata Munirwan, akan mengusahakan pengadaan benih padi IF-8, pengadaan pupuk dan obat-obatan, serta jual-beli gabah petani setempat yang mencapai 80 ton per panen. Pihaknya juga telah menjalankan bisnis toko swalayan atau minimarket. Untuk itu dibutuhkan modal kerja sekitar Rp 5,6 miliar.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung rencana bisnis yang akan dijalankan oleh BUMG Bersama Kecamatan Nisam. Padi IF-8 bahkan akan dikembangkan ke seluruh areal pertanian sawah di Aceh Utara karena hasil panennya sangat menjanjikan bagi kesejahteraan petani.

“Kita mengharapkan agar BUMG Nisam ini dapat menjadi contoh bagi BUMG-BUMG lainnya di wilayah Aceh Utara,” kata dia.

Kepala Cabang Bisnis dan Kemitraan Bank BRI Kanwil Provinsi Aceh Irwan menjelaskan pihaknya komit untuk menjadi mitra Pembina bagi BUMG-BUMG yang ada di Aceh Utara.

Sejauh ini pihaknya telah meninjau langsung BUMG Bersama di Kecamatan Nisam, dan yakin unit usaha tersebut akan tumbuh dan berkembang, serta memberikan profit yang menguntungkan secara ekonomi. Untuk tahap awal pihaknya telah menghadirkan unit BriLink untuk BUMG tersebut di Kecamatan Nisam. [Rajali Samidan]

Related posts