Kadisnakertrans Aceh Tengah Sebut Tak Ada Pekerja Asing di THL

Penderes getah pinus di lahan milik Prabowo di Aceh Tengah. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Tengah, Kausarsyah mengatakan, pihaknya tidak ada menemukan tenaga kerja asing yang bekerja di PT Tusam Hutani Lestari yang dikelolah oleh Prabowo.

Apalagi, kata dia, perusahaan tersebut sudah lama tidak beroperasi dengan normal paskah PT Kertas Kraft Aceh colaps pada 2007 lalu, yang dijadikan pemasok produksi kayu pinus dari THL.

“Tidak ada lagi (tenaga kerja asing), tidak ada tenaga kerja asing, gak ada yang bekerja di situ (THL),”kata Kausarsyah saat dikonfirmasi, Kamis (21/2).

Ads

Menurutnya, tenaga kerja asing itu bekerja di PT Kertas Kraft Aceh (KKA). Namun perusahaan itu sudah berhenti beroperasi. “Dulu di KKA mungkin saja ada, kalau sekarang gak ada tenaga kerja asing di THL,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan panglima Gerakan Aceh Merdeka wilayah Linge (Aceh Tengah-Bener Meriah) bernama Fauzan Azima buka-bukaan tentang kabar bahwa calon presiden Prabowo Subianto memiliki memiliki 97.300 ribu hektare lahan di Aceh.

PT THL, katanya, lantas beralih ke produksi getah pinus. Sementara bagi penderes getah pinus ini mempekerjakan masyarakat sekitar dan perusahaan pihak ketiga, yang pekerjanya didatangkan dari Jawa, meski ia tak mengetahui pasti berapa jumlahnya.

“Bukan hanya masyarakat sekitar saja (yang bekerja sebagai penderes getah pinus), bahkan tenaga kerjanya juga ada dari China,” kata Fauzan.

Tapi ia tak mengetahui pasti apakah tenaga kerja dari China itu masih bertahan atau sudah tidak lagi bekerja di sana. [Randi]